Kerajinan Kayu Mentangor Di Bangka

0 196

Kerajinan Kayu Mentangor Di Bangka

Pohon kayu Mentagor yang banyak terdapat di hutan-hutan tersebar di Kabupaten Bangka ternyata bisa diolah menjadi berbagai kerajinan tangan.

Di tangan Doni, Warga Kace Timur ini, Pohon Kayu Mentangor dijadikan gantungan kunci, bros, tempat tissu, pas bunga hingga meja yang bernilai jual tinggi.

Dia tertarik membuat berbagai kerajinan dari Kayu Mentangor ini saat bekerja di tempat furniture jati di Pangkalpinang.

“Sebelumnya memang ku lah terbiase nyemprot finishing furniture di Gita Rotan. Karena nganggur, stop gawe di situ, ada ide ku ninggok meja makan awalnya di Gita Rotan namanya Meja Makan Koin di situ ku dapat ide, mengapa dak bikin sendiri, diperkecil,” ungkap Doni.

Awalnya ia membuat kotak pensil dari Kayu Mentangor ternyata laku dipasaran setelah itu idenya berkembang dengan membuat berbagai kerajinan kayu lainnya. Selain itu ia juga membuat berbagai jenis kerajinan dengan mengkreasikan Kayu Mentulang yang juga banyak terdapat di hutan-hutan di sekitar Desa Kace Timur.

“Karakter inilah ku bentuk-bentuk menjadi berbagai kerajinan,” ungkap Doni sambil menpernis tempat tissu buatan.

Dalam seminggu ia bisa membuat sebanyak 10 kotak tissu. Kerajinan tanggan ini dijualnya dengan harga bervariasi mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 1 juta lebih.

Namun dia masih terkendala masalah permodalan dan pemasaran yang belum berkembang. Untuk pemasaran baru dilakukannya di rumahnya di Desa Kace Timur dan mengikuti berbagai pameran seperti Pameran Pembangunan di Taman Hiburan Rakyat saat Peringatan HUT Sungailiat dan Festival Rakyat di Pantai Tikus Emas Sungailiat.

“Alhamdulillah di pasaran kerajinan yang ku buat diterima hanya kurang modal dan pemasaran,” kata Doni.

Source http://bangka.tribunnews.com http://bangka.tribunnews.com/2016/09/25/doni-manfaatkan-kayu-mentangor-jadi-kerajinan-tangan
Comments
Loading...