Kerajinan Kebaya Bordir Di Payakumbuh

0 127

Kerajinan Kebaya Bordir Di Payakumbuh

Keindahan bordir buatan tangan asal Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) hadir dalam panggung Indonesia Fashion Week (IFW) 2018, di Jakarta Convention Center (JCC).

Bordir-bordir cantik tersebut tersemat dalam koleksi kebaya panjang dari Roemah Kebaya. Vielga Wennida, Desainer dan Pemilik Roemah Kebaya mengungkap, koleksi yang terdiri dari berbagai warna, seperti merah, shocking pink, hijau dan warna-warna pastel tersebut berjudul ‘Swing Flower’. Seluruhnya ia buat dengan bordiran dari para pengrajin di Payakumbuh.

“Jadi, persiapannya selama kurang lebih empat bulan. Untuk bordirnya sendiri, gambar, motif, pewarnaan semuanya sudah di sini, sudah siap, baru dikirimkan ke Payakumbuh untuk dibordir. Bordir dari sana memang sudah terkenal, hasilnya rapi, sujinya teratur meski bukan bordir komputer dan lembut,” ujar dia saat ditemui sebelum gelaran berlangsung.

Kebaya dalam koleksi terbaru ini, lanjut Vielga, memang cukup berbeda dari rancangan sebelumnya, karena terdiri dari potongan kebaya panjang. Selain bisa lebih mudah padupadankan, kebaya panjang yang juga terlihat lebih cantik karena bisa menampilkan bordir berukuran besar.

Berbagai bordir berbentuk bunga-bunga yang harum, seperti mawar dan krisan yang sedang bermekaran menghiasi kebaya panjang milik Roemah Kebaya ini. Menurut Vielga, desain kebaya panjang sangat cocok digunakan untuk segala usia, karena cukup serba guna, seperti bisa digunakan menjadi gaun, kebaya dengan bawahan kain, hingga outerwear.

“Kenapa diberi judul Swing Flower karena kali ini kita menggunakan bahan-bahan yang ringan, sehingga lebih flowly saat digunakan, seperti sutera organdi dan lace,” jelas dia.

Sebanyak 12 koleksi terbaru ini, kata Vielga, juga sudah siap dijual di booth Roemah Kebaya di gelaran IFW 2018, dengan harga mulai dari Rp3-4,5 juta.

Source https://www.suara.com https://www.suara.com/lifestyle/2018/03/29/080146/bordir-cantik-khas-payakumbuh-hiasi-koleksi-roemah-kebaya
Comments
Loading...