Kerajinan Kebaya Kain Perca Di Jakarta

0 35

Kerajinan Kebaya Kain Perca Di Jakarta

Awal 2017 lalu, Lenny mengembangkan sayapnya untuk berkolaborasi dengan para perancang busana dari negara-negara ASEAN. Ia menjadi penanggungjawab peragaan busana ketika Indonesia menjadi tuan rumah yang berlangsung di Hotel Gran Melia Jakarta. Terkait hal ini, Lenny mengatakan dirinya saling mengenal perancang busana dari negara tetangga dari media sosial lalu berkumpul dan saling berbagi bersama.

 

Hasil kerajinan tangan yang trendi menjadi karya yang kemudian ia peragakan pada publik. Tak sampai di situ, ia juga memberikan tawaran kerja pada pengrajin yang ia latih untuk kemudian mengembangkan bisnis sendiri.

“Terakhir, proyek yang sama juga saya lakukan di Lasem dan Kediri,” ujarnya menambahkan.

 

Dalam lima tahun terakhir, Lenny tidak hanya bergelut dengan kain tradisional tapi juga turut melatih sejumlah pengrajin lokal di daerah. Untuk koleksi rancangannya Spring/Summer 2016 misalnya ia melatih sekitar 40 pengrajin bordiran di Pontianak Kalimantan hampir setahun.

 

Untuk koleksi rancangan Java Dolls, misalnya, Lenny menggunakan batik taplak Pekalongan motif buketan. Yang unik adalah ketika ia memanfaatkan sumbu kompor yang dibungkus percaan batik untuk membuat motif kawung. Padu padan rancangannya yakni potongan kebaya dengan detil frill yang menyatu, blus renda berkerah cheongsam dengan rok dari taplak meja.

 

Hampir di setiap koleksi rancangannya Lenny selalu mengolah kain tradisional entah itu tenun Makassar, batik Pekalongan, atau songket Palembang.

Source http://goodybagbsd.strikingly.com http://goodybagbsd.strikingly.com/blog/kerajinan-ini-berbahan-kain-perca-dan-pewarna-alami
Comments
Loading...