Kerajinan Kemasan Dari Mendong Di Tasikmalaya

0 172

Kerajinan Kemasan Dari Mendong Di Tasikmalaya

Sebuah kemasan produk biasanya didesain perusahaan agar lebih tahan lama dan lebih menarik minat konsumen, terutama di dalam negeri.

Namun ada cerita menarik dari Asep Barnas pengrajin yang membuat anyaman dari mendong, sejenis rumput yang merupakan kerajinan khas Kabupaten Tasikmalaya yang bisa mencapai pasar luar negeri. Dirinya sering menerima pesanan kemasan produk, salah satunya kosmetik dari perusahaan luar negeri menggunakan mendong.

Namun, ketika itu pabrik tersebut mengalami krisis dan bangkrut, tetapi karena produk mendong buatan Asep Barnas sangat diminati, pemesan dari Inggris akhirnya langsung memesan pada Asep.

“Waktu itu membuat kemasan kosmetik, kemasannya terbuat dari tambang mendong yang dibuat sangat unik,” katanya.

Menurut Asep, produk buatannya tersebut sangat diminati di luar negeri namun sangat terbalik di dalam negeri, yang membuat pasar mendong di Indonesia kurang begitu terkenal.

“Kalo di luar negeri sana, kemasan produk yang dibuat harus mudah di daur ulang dan cepat hancur, berbeda sama yang di Indonesia, para produsen lebih menyukai kemasan yang tahan lama,” ucapnya.

Asep yang memulai usahanya sejak tahun 2000an ini juga sempat mengalami pasang surut karena krisis global, walaupun seperti itu produksi tetap ada setiap harinya karena anyam-menganyam yang sudah membudaya.

“Setiap hari di workshop selalu produksi misal taplak, tikar, tas, dan yang lainnya harganya dimulai dari Rp 25ribu, saya juga punya cita-cita agar anyaman ini juga bisa dikerjakan anak muda agar menumbuhkan ekonomi kerakyatan,” ujarnya

Source http://ayobandung.com http://ayobandung.com/read/2016/04/06/8703/kemasan-dari-mendong-diminati-di-luar-negeri
Comments
Loading...