Kerajinan Kemoceng Bulu Ayam Di Klaten

0 503

Kerajinan Kemoceng Bulu Ayam Di Klaten

Peluang bisnis dan cara pembuatan kemoceng/sulak bulu ayam untuk dijadikan peluang usaha, yang terletak  di dusun Ngriman, Karanglo, Klaten Selatan, provinsi Jawa Tengah. Salah satu perajn nya adalah Suprapti.
Kemoceng/sulak bulu ayam adalah peralatan rumah tangga yang berfungsi untuk membersihkan debu/kotoran yang terbuat dari bulu ayam atau bahan sintetis yang dirangkai dan disusun menempel ke sebuah tangkai kayu/rotan(penjalin).
Kemoceng/sulak bulu ayam sebenarnya diproduksi dibeberapa¬†banyak tempat yang lainnya tetapi salah satu yang paling menonjol adalah di dusun Ngriman Karanglo Klaten Selatan yang terletak di Jawa Tengah ini. Disebut dusun ‘NGRIMAN’ konon katanya dahulu karena sebagian besar warganya merantau kekota lain untuk berjualan sulak dan mengirimkan uangnya ke kampung halaman untuk keluargannya, sehingga disebut ‘KIRIMAN’ atau dalam bahasa jawanya adalah ‘NGIRIM’ yang menjadi kata ‘NGRIMAN’.
Keberadaan industri kerajinan kemoceng/sulak bulu ayam di dusun Ngriman ini berdampak secara agregat pada perekonomian disekitarnya karena produksi kemoceng/sulak bulu ayam Ngriman tidak hanya disuplai di Ngriman saja akan tetapi didukung dusun-dusun disekitarnya dan bahkan dipasarkan ke kota-kota besar indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Wonogiri, Purwakarta, Lampung dan sebagainya.
Hampir semua warga didusun Ngriman hidup dari kerajinan kemoceng/sulak bulu ayam, sebagian mereka masih bertani akan tetapi karena desakan ekonomi maka banyak sawah warga setempak yang dijual ke orang lain, dan untung saja masih ada katup pengaman berupa usaha kerajinan sulak untuk membantu perekonomian warga setempat.
Dan pada generasi muda didusun Ngriman ini lebih memilih merantau dikota-kota lain seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Pontianak, Batam, Palembang dan keluar negeri menjadi TKI, akan tetapi bagi mereka yang memilih tetap tinggal dikampung halamanpun juga masih tetap bisa melanjutkan hidup meski seadanya dan prihatin dari mengeluti usaha kerajinan kemoceng/sulak bulu ayam.
Source http://bean-project.blogspot.co.id http://bean-project.blogspot.co.id/2014/02/peluang-bisnis-kemocengsulak-bulu-ayam.html
Comments
Loading...