Kerajinan Kendaraan Perang Dari Bambu Di Malang

0 109

Kerajinan Kendaraan Perang Dari Bambu Di Malang

Kerajinan Miniatur Kendaraan Perang Dari Bambu Makin Diminati. Memanfaatkan limbah bambu, ditangan kreatif Rudi warga Tegalsari, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang mampu dijadikan kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi.

Warung kopi yang kini dijadikan pos miniatur pembuatan kerajinan berbahan limbah bambu buangan, diubah menjadi kerajinan menarik bernilai jual tinggi. Sebab, bambu buangan disulap menjadi miniatur tank, becak, semut, kapal, truk hingga rumah adat yang siap dijual kepada peminatnya.

Kerajinan yang ditekuni hanya gara-gara semasa kecil hidup di lingkungan militer, dan kerap melihat kendaraan tempur. Maka Rudi mulai mencoba membuat miniatur berbahan bambu yang tidak membutuhkan modal besar.

Peralatannya pun hanya bermodal pisau dapur, gergaji pemotong bambu, lem serta ampelas sebagai penghalus. Untuk harganya relatif murah dan terjangkau. Dengan kisaran Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu tergantung kerumitan membuat miniatur itu.

Untuk menyelesaikan satu miniatur yang tergolong tidak rumit, perajin membutuhkan waktu 2 hari. Sedangkan miniatur yang rumit, membutuhkan waktu pembuatan hingga 4 hari lamanya.

Kini, untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih besar, Rudi hanya terkendala peralatan yang kurang cepat dalam memproduksi miniaturnya menjadi jumlah yang besar. Sambil berharap ada bantuan dari pemerintah setempat.

Source http://dedjoem.com http://dedjoem.com/kerajinan-miniatur-kendaraan-perang/
Comments
Loading...