Kerajinan Keramik Di Purbalingga

0 400

Sentra Kerajinan Keramik

Pemilik industri keramik “Tera Berkarya. Jatmiko di Desa Gembong, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga, Jawa Tengah. Salah satu kendala nya adalah adanya pesaing dari vietnam karena harga keramik Vietnam jauh lebih murah dibanding harga keramik Chinal yang selama ini telah mengancam industri keramik lokal. Perajin keramik skala kecil kemungkinan tidak terlalu terpengaruh dengan produk keramik Vietnam karena pasar mereka hanya sebatas wilayah setempat.

“Tetapi kalau yang pasarnya luar negeri, mereka harus betul-betul bisa bersaing dengan Vietnam. Itu bukan tugas perajin saja, tetapi juga tugas pemerintah agar perajin bisa menghasilkan barang berkualitas dengan harga murah, dan itu sulit untuk membuat yang seperti itu karena kita selalu ditekan dari kanan-kiri,” katanya.

Selain berupa ancaman produk keramik China dan Vietnam, kata dia, perajin keramik juga terkena biaya tinggi seperti harga gas dan tenaga kerja yang mahal. Ia mengharapkan perajin untuk tidak selalu ditekan dengan biaya yang tinggi. Biaya tinggi dapat mengakibatkan perajin sulit untuk bersaing.

Source Kerajinan Keramik Di Purbalingga Kerajinan Keramik Di Purbalingga
Comments
Loading...