Kerajinan Kerang Dari Karawang

0 212

Kerajinan Kerang

Salah satunya atau memang satu-satunya pengrajin kerang di pantai Tanjung Pakis, Karawang adalah pak Boros nama sebenarnya pak Warta, tapi entah kenapa orang lebih akrab kalau menanyakan pak Boros.

Dulu awal mula pak Boros usaha kerajinan kerang ini. Pada tahun pertama usahanya benar-benar mandiri alias sendiri tanpa ada dukungan dari manapun. Tetapi pada tahun kedua, Alhamdulilah mendapat dukungan dari PNPM Mandiri Pakis Jaya. Sehingga usahanya bisa lebih berkembang.

Menurut pak Boros, kerajinannya ini memang buatan tangannya dan keluarganya bahkan kalau bahan kerangnya banyak, tidak segan-segan mengajak tetangga-tetangga sekitarnya yang mau mengerjakan kerajinan kerang, yang penting mau kerja aja, karena nanti akan di latih oleh dirinya. Bagaimana caranya, apa saja yang diperlukan semuanya dia kasih tahu. Itulah gaya pak Boros, yang selalu terbuka dan mau berbagi kepada orang lain.

Hasil Kerajinan yang dihasilkan sudah banyak. Ada pigura foto, gantungan lampu, hiasan burung-burungan, gantungan kunci, hiasan-hiasan dinding dan lainnya. Ada juga souvenir kecil-kecil seperti hiasan orang-orangan dan gantungan kunci, biasanya di pakai untuk tanda terimakasih saat orang akan merayakan pernikahan. Pokoknya kita selalu buat yang baru. Itu juga tergantung tersedianya bahan kerang-kerangannya.

Source Kerajinan Kerang Dari Karawang Kerajinan Kerang Dari Karawang
Comments
Loading...