Kerajinan Kerang Dari Magelang

0 230

Sentra Kerajinan Kerang

Kota Magelang tidak memiliki pantai, namun kerajinan kerang produksi Prajoko warga Jalan Ketepeng III Nomor 20, Kelurahan Tidar Selatan, mampu menarik pengunjung Internasional Handicraft Trade Fair (Inacraft)  2014 yang diikuti sekitar 1.600 perajin dari seluruh Indonesia.

‘’Pak Prajoko membeli bahan baku kerang sumping dari pantura, kemudian dibuat pot bunga, tea set, piring makan, mangkok, nampan, hiasan dinding dan lainnya. Contoh produk yang dipamerkan pada Inacraft 2014  ternyata menarik pengunjung membelinya,’’ tuturnya.

Perajin dari beberapa daerah di Provinsi Bangka Belitung juga belajar kerajinan kerang kepada Prajoko. Di sana bahan bakunya melimpah tetapi belum bisa dimanfaatkan maksimal oleh warga setempat, termasuk inovasinya.

Dia juga sering diundang menjadi pembicara di berbagai daerah pantai mengenai pemanfaatan kerang dan sejenisnya untuk kerajinan. Pak Gubernur bangga Kota Magelang yang jauh dari pantai memiliki perajin kerang yang namanya masuk 5 besar nominasi SNI Award Tahun 2013. Kerajinan kerang karya Prajoko kini menjadi ikon Jateng.

Hampir semua  contoh-contoh  barang kerajinan itu dibeli pengunjung. Seperti kerajinan kerang dibeli pengunjung total Rp 37 juta, batik Rp 15 juta, kerajinan pernik dan tas Rp 4,7 juta, mainan anak Rp 2,5 juta dan batik kayu Rp 3,5 juta.

Source Kerajinan Kerang Dari Magelang Kerajinan Kerang Dari Magelang
Comments
Loading...