Kerajinan Kerang Di Batam Memikat Turis Mancanegara

0 273

Kerajinan Kerang Di Batam Memikat Turis Mancanegara

Berbagai hasil kerajinan yang terbuat dari kerang dan gonggong khas Kota Batam, Kepulauan Riau, diminati wisatawan mancanegara untuk dijadikan oleh-oleh saat bepergian ke daerah itu. “Kerajinan kerang ini banyak diminati turis, terutama orang-orang Singapura,” kata pengrajin kerang, Edna.

Edna menyulap limbah kerang menjadi berbagai produk kerajinan seperti lampu hias berbentuk mawar, lampu hias gonggong, tempat tisu dan lainnya. Menurut dia, kebanyakan wisman menyukai kerajinan kerang dan gonggong yang unik untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Selain ada juga pelanggan asal Singapura yang minta dibuatkan banyak untuk dekorasi kafe.

Sayangnya, meski kerajinan gonggong diminati, namun belum diproduksi secara massal. “Sifatnya masih rumahan, belum industri besar,” ucapnya.

Dalam mengkreasikannya pun, pengrajin masih menggunakan alat sederhana, ditempel dan dipotong satu per satu. Edna sendiri mengumpulkan kerang dan gonggong sendirian di Pantai Nongsa serta membelinya dari rumah makan “sea food” yang berada di Bengkong.

“Jadi sebenarnya limbah yang dikumpulkan tukang cuci piring. Kami membeli dari mereka,” kata Edna.
Selain membeli dari tukang cuci piring restoran “sea food”, Edna juga mengumpulkan sendiri di Pantai Nongsa dan sekitarnya.

Di tempat yang sama, wisman asal Singapura, Tiana menyatakan mengagumi hasil kreasi kerang asal Batam.

“Yang diproduksi di Batam sangat unik dan moderen. Jadi meski pun dari bahan alam, namun didesain moderen, membuat karyanya lebih unik,” kata dia. Selain Batam, Kabupaten Kepulauan Mentawai juga menyajikan berbagai kerajinan yang terbuat dari kerang. “Kreasi selain dari Batam, desainnya masih sangat sederhana, kurang menarik,” ujarnya.

Source https://kepri.antaranews.com https://kepri.antaranews.com/berita/28887/kerajinan-kerang-batam-diminati-wisman
Comments
Loading...