Kerajinan Kerang Di Bekasi

0 126

Kerajinan Kerang Di Bekasi

Berbagai kerajinan dari cangkang kerang diproduksi di rumah sederhana Agus di Kampung Penggulingan Tengah, Kelurahan Kabalen Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Bersama keluarga intinya ia mengolahnya menjadi mangkok, piring, dan fast bunga untuk di ekspor ke berbagai negara.

Tetapi, kalau tidak ada orderan dari Cirebon maka produksi akan berhenti. Selama ini ia hanya membuat kerajinan jika ada orderan. Sementara untuk pemasaran di Bekasi Raya masih minim dan terkesan luput dari perhatian daerah.

“Kami produksi jika ada orderan dari Cirebon. Tetapi kalau tidak ada maka akan berhenti dan mencari kerjaan lain,”kata Agus, perajin kerang yang meneruskan usaha orang tuanya.

Dikatakan, yang digunakan dalam menerima orderan dari Cirebon yakni jenis cangkang kerang lokan dan kerang remis. Sementara untuk bahan baku, didapatkan dari Serang Provinsi Banten dengan harga Rp3.000 per kilogram.

“Bahan baku diambil dari Keronjo Serang, Provinsi Banten. Sekali beli biasanya satu ton untuk persediaan,” jelas Agus.

Menurutnya, untuk harga jual di Cirebon tidak sampai Rp50 ribu untuk satu produk hasil olahan. Harga tersebut imbuhnya, dalam kondisi kerang 80 persen atau belum finishing. Untuk harga kerajinan sudah 100 persen jadi biasanya mencapai Rp70 ribuan.

Di samping itu, lanjut Agus, harga juga disesuaikan dengan tingkat kerumitan dalam pengerjaannya. Seperti pembuangan fast bunga dan tempat tisu harganya berbeda.

Untuk produksi sehari paparnya tergantung keahlian. Kalau ahli biasanya sehari dapat mengerjalan 25 kerajinan seperti piring, mangkok daun leaf great dan lainnya.

Dia berharap, ada pemasaran lebih besar di Bekasi, sehingga usaha kerajinan tangan yang digelutinya dapat berkembang dan memberdayakan warga sekitar.

“Banyak SDM di Bekasi, yang bisa dibina dan diberdayakan untuk kerajinan handcraft. Tetapi pasarnya tidak ada, harus ke Cirebon. Itu pun jumlahnya terbatas,” tukasnya.

Source https://www.cendananews.com https://www.cendananews.com/2018/10/usaha-kerajinan-kerang-di-bekasi-terkendala-pasar.html
Comments
Loading...