Kerajinan Kerang Di Denpasar, Bali

0 526

Kerajinan Kerang Di Denpasar, Bali

Nama I Putu Darmaya bisa menjadi tokoh inspirasi bagaimana membangun sebuah usaha dari bawah. Berasal dari keluarga sederhana, pria asal Nusa Penida ini membuktikan kerja keras, percaya diri, dan terus berusaha menjadi kunci dari kesuksesannya.

Darmaya ini mengawali usahanya dari mengontrak sebuah toko kecil berukuran 3×6 meter di Warehouse, Factory and Showrom PT Caspla Bali, di Jalan Pulau Moyo Gang Cemara No 4, Denpasar.

Selama menjalankan usahanya tersebut, Darmaya menyadari, kerajinan dari cangkang kerang yang paling banyak diburu oleh turis asing. Darmaya memilih untuk mempertahankan kerajinan dari cangkang kerang.

“Dulu saya hanya beli sample saja. Setelah selesai sembahyang di Pura Gunung Semeru dan melihat kerajinan kerang di daerah Pasir Putih, saya beli beberapa untuk contoh dan dipajang di Bali. Ada tamu yang suka saya produksi lagi lewat home industry. Makin banyak ada pesanan, akhirnya saya bikin pabrik sendiri,” kata Darmaya.

Cangkang kerang yang dianggap tidak bermanfaat lagi, diolah dan dibentuk sedemikian rupa hingga memiliki nilai jual yang tinggi. Dengan modal awal Rp 10 juta, kini Darmaya mampu meraih omzet di atas Rp 1 miliar per bulan.

Source Kerajinan Kerang Di Denpasar, Bali tribun bisnis
Comments
Loading...