Kerajinan Kerang Di Pangandaran

0 274

Kerajinan Kerang

Kerang punya potensi bagus untuk dijadikan cinderamata. Tidak ada hal istimewa dari keberadaan cangkang-cangkang kerang yang berserakan di sekitar pantai atau daerah perairan. Sekilas, mereka terlihat hanya sebagai sampah laut, dibiarkan hanyut terseret ombak atau menyangkut di atas tumpukan pasir.

Padahal, dengan sedikit kreasi, cangkang-cangkang itu bisa menjadi barang bermanfaat. Sebelum berubah menjadi cinderamata, ada sederet proses harus dilakukan oleh perajin kerang.

Salah satu perajin nya yaitu Ghani Kurniawan. Kerajinan masyarakat Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran ini baru dipasarkan sebatas kepada wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pangandaran. Untuk dapat dilirik pasar nasional, produk kerajinan kerang yang terdiri dari ikat rambut, hiasan meja, cermin, lampu duduk dan yang lainnya itu mulai aktif mengikuti pameran.

Para pedagang di sini rata-rata menjual souvenir untuk oleh-oleh wisatawan. Harga pun bervariasi, tidak berlebihan. Contoh, cinderamata gantungan kunci dibandrol dengan harga Rp 5.000 saja dan untuk hiasan lampu mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 50.000.

Source Kerajinan Kerang Di Pangandaran Kerajinan Kerang Di Pangandaran
Comments
Loading...