Kerajinan Kerang Khas Situbondo

0 434

Sebagai salah satu wilayah penopang ekonomi Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur, kehidupan masyarakat di sepanjang pantai Pasir Putih, tampak nyata. Setiap akhir pekan dan hari libur, sebagian warga Situbondo dan sekitarnya membanjiri tempat wisata yang terdapat di sepanjang pantai.

Salah satunya Hj. Mubarok. Seorang ibu dari Desa Pasir Putih, yang mulai menekuni kerajinan kerang dirumahnya mulai tahun 1983. Dengan sedikit modal uang dan berbagai jenis kerang yang sudah tersedia di sepanjang pantai, Hj. Mubarok dan keluarganya memutar otak memanfaatkan potensi kerang hingga bisa dijajakan di Pantai Pasir Putih.

Dibuatlah bermacam koleksi, mulai dari souvenir berupa aneka barang rumah tangga misalnya: wastafel, kloset, piring, asbak, pigura, tempat kue, tempat sabun, tempat lampu, gantungan kunci, tempat kaca, jam (dan lain – lain yang bahan dasarnya dari kerang dan bambu) bahan bakunya tersebut banyak mengambil dari dalam kota (Situbondo).

Proses pembuatannya relatif mudah dan dikerjakan oleh 21 orang pengrajin yang berasal dari daerah Klatakan, Wringinanom, Mlandingan, Bungatan, dan Panarukan. Pengalamannya sebagai pengrajin kerang-kerangan dengan cara menyusuri Pantai, membuka wawasannya. Ia tahu persis, kekayaan kerang di Selat madura sungguh melimpah ruah.

Source Kerajinan Kerang Khas Situbondo Kerajinan Kerang Khas Situbondo
Comments
Loading...