Kerajinan Kerudung Lukis Di Cianjur

0 214

Kerajinan Kerudung Lukis

Di Kecamatan Ciranjang, Cianjur ada beberapa orang warganya yang menyimpan potensi besar yang sangat bisa dikembangkan, baik dari sisi usaha maupun kreativitasnya, salah satunya adalah pengrajin kerudung lukis, yang diam-diam sudah dipasarkan hingga ke Malaysia dan Filipina.

Lokasi home industry kerudung lukis berada di Kampung Kaum Kaler RT02/15, Desa Ciranjang, Kecamatan Ciranjang, tepat di tengah kondisi semrawut dan kemacetan lalulintas dengan beragam kendaraan yang lewat, mulai dari mobil, motor, becak, hingga para pedagang kaki lima dan pejalan kaki.

Keberadaan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang memproduksi kerudung lukis ini sudah sekitar3 tahun. Hal ini disampaikan Herman Suherman, salah seorang pengrajin. Herman mengatakan ia merintis usaha ini dari nol, berawal dari pengalaman bekerja selama berada di Kota Bandung.

Di tempat kerjanya sekarang diproduksi berbagai macam model kerudung, di antaranya strimin lukis bunga dan kupu-kupu. Menurut Herman, motif tersebut adalah yang sedang menjadi trend saat ini, terutama dengan warna dasar hitam. Model kerudungnya sendiri dibuat 5 macam, di antaranya jenis kerudung bargo. Herman sebelumnya memproduksi kerudung-kerudungnya di Kecamatan Bojongpicung, tapi setelah berkeluarga ia pindah rumah dan ruang produksi ke Kampung Kaum Kaler.

Source Kerajinan Kerudung Lukis Di Cianjur Kerajinan Kerudung Lukis Di Cianjur
Comments
Loading...