Kerajinan Keset Kain Perca Di Banyumas

0 217

Kerajinan Keset Kain Perca Di Banyumas

Kesibukannya sebagai Guru Bahasa Inggris di SMA Negeri Banyumas, tak menghalangi Sugiman untuk merintis usaha keset kain perca  bersama istri tercinta di rumah. Meski masih keci-kecilan, tetapi kesetnya sudah menjamah pulau Dewata.

“Penjualannya sudah sampai Jakarta, malah sampai ke Bali,” kata Pembina Pramuka ini. Kerajinan keset kain perca produksinya yang bermotif binatang seperti kucing, ayam, dan katak, laris manis di pasaran. Tak hanya untuk menyibukkan diri, namun usahanya bisa mempertebal kantong. “Selain untuk kesibukkan sepulang dari sekolah, berjualan keset itu lumayan, kain bekas ternyata bisa menambah penghasilan kalau kita jeli memanfaatkannya,” ujarnya. Warga Desa Somakaton ini mengakui, sering kali dia yang membuat pola atau gambar agar keset agar terlihat menarik.

Keset bergambar hewan kreasinya kini dihargai hingga Rp 40.000. “Malah ada yang tertarik liat keset saya, dibeli, bukannya untuk keset, malah untuk pajangan dinding,” ungkapnya. Pria kelahiran tahun 1968 ini memang tidak nyaman apabila berdiam diri, meski sudah lelah dengan kegiatan di sekolah, mengurus usaha keset di rumah tak jadi masalah.

Source https://radarbanyumas.co.id https://radarbanyumas.co.id/rintis-usaha-sampingan/
Comments
Loading...