Kerajinan Keset Kain Perca Karya Warga Jojoran, Surabaya

0 488

Kerajinan Keset Kain Perca Karya Warga Jojoran, Surabaya

Kreativitas bisa berkembang jika diimbangi dengan semangat untuk maju. Hal itu dibuktikan oleh Iis Oktiani, warga kampung Jojoran RT 10 RW 12 Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng. Memanfaatkan kain perca sisa usaha konveksi menjadi keset karakter, Iis mampu membawa produk kampungnya menjadi salah satu produk UKM unggulan di Kota Surabaya.

Didatangi di rumahnya di Jojoran III D,  Iis tampak sedang menata tumpukan keset aneka rupa yang baru saja rampung digarapnya dan beberapa pegawainya. Bukan keset biasa yang dia buat, melainkan keset karakter dengan aneka bentuk seperti semangka, angry bird, nemo, keropi dan banyak lainnya.

Ibu tiga anak ini menyebutkan, mulanya keset produk kampung ini dibuat dari kain perca dari goni. Namun proses pembuatannya yang rumit dan lama sampai tiga hari untuk satu produk, akhirnya Iis mengkreasikan keset dengan membuatnya dari potongan kain kaos, yang tak lain adalah limbah usaha konveksi miliknya. Peluang itulah yang coba dimanfaatkan Iis. Ia sempat mengajak warga setempat untuk terus mengembangkan produk UKM Ertesep yang merupakan kependekan dari alamat kampungnya yaitu RT 10. Namun nyatanya peminat membuat keset kurang banyak.

Namun ternyata motivator dari Pemkot justru memintanya ikut banyak kesempatan pameran produk. Ia bahkan sempat ditawari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk dibuatkan tempat produksi untuk keset. Lantaran dorongan untuk meneruskan usaha UKM keset ini besar dan pasar juga mengapresiasi produk kampung Jojoran ia memutuskan untuk tetap mengembangkan usaha keset ini. Dengan terus memanfaatkan kain perca dan menginovasikan karakter dan model keset, kini produknya sudah banyak pembelinya.

Menurutnya pembuatannya memang lebih mudah dari keset dari kain goni. Keset kain goni dibuat manual sehingga prosesnya lama. Sedangkan untuk keset ini dilakukan dengan teknik menjahit dengan mesin. Kain perca dipotong memanjang dan dibuat pola lipit atau dilipat rapat baru dibagian tengahnya dijahit dengan mesin. Untuk satu buah keset karatker dijual dengan harga Rp 35 ribu hingga Rp 50 ribu. Dan barangnya juga sudah masuk ke pusat perbelanjaan grosir di Surabaya.

Source http://surabaya.tribunnews.com http://surabaya.tribunnews.com/2017/09/06/kreasikan-kain-perca-jadi-keset-karakter-iis-oktiani-sukses-angkat-produk-unggulan-kampung-jojoran?page=2
Comments
Loading...