Kerajinan Khas Ciemas Di Sukabumi

0 148

Kerajinan Khas Ciemas Di Sukabumi

Cindramata Geopark Ciletuh dengan memanfaatkan limbah botol plastik dan limbah kayu, sehingga menghasilkan seni yang indah dan tentunya meningkatkan ekonomis.

Di lapangan salah satu karya seni dari Kelompok Regang Ciletuh binaan PAPSI, menghasilkan karya seni miniatur yang memanfaatkan bahan baku dari limbah, dari ide kreatif dan sentuhan tangan halus bernama Budi Hartono kelahiran 06 Agustus 1978, pria asal Bojong Kecamatan Cikembar ini, kini menetap di Kampung Tamanjaya RT 01/01 Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Dari kreativitas nya menghasilkan miniatur, seperti gantungan konci, tatakan, alat musik teko, lisung dan miniatur bintang, (mainan anak), plakat, dan dudukan hiasan meja.

”Untuk saat ini memang tidak ada kendala, baik dalam pemasaran atau pun bahan baku, cuma saat ini tidak punya rumah produksi,” kata Budi.

Lebih lanjut ia mengatakan sementara ini memproduksi di rumah sama ruang dapur, hampir empat tahun menggeluti Cinderamata Ciletuh ini beberapa pameran dan festival sering diikutinya.

Kalau memang tidak ada pameran atau festival, paling hasil dari limbah ini di titip di warung untuk di jual. Keinginan saya pribadi untuk mengembangkan karya seni ini, baik tempat produksi dan juga memberikan pelatihan pada anak-anak yang memang punya minat pada seni ini, harapnya.

Source https://sukabumiupdate.com https://sukabumiupdate.com/detail/ekonomi/news-ekonomi/31833-manfaatkan-limbah-jadi-buah-tangan-khas-ciemas-kabupaten-sukabumi
Comments
Loading...