Kerajinan Kipas Bambu Jipangan Di Bantul

0 238

Kerajinan Kipas Bambu Jipangan Di Bantul

Desa Wisata Kerajinan Jipangan terletak di Dusun Jipangan, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara geografis Pedukuhan Jipangan merupakan daerah pegunungan dan berupa hamparan sawah. Pedukuhan Jipangan berbatasan dengan Pedukuhan Banyon, Pendowoharjo dan Sungai Bedog (timur).
Menggarap lahan pertanian dan pembuatan produk kerajinan bambu merupakan penghasilan pokok warga demi kelangsungan hidupnya. Produk kipas bambu (souvenir) yang dirintas sejak tahun 1985 hingga sekarang mampu mendobrak perekonomian dan merupakan penghasilan andalan warga Jipangan.
Pelopor kerajinan kipas bambu di Jipangan adalah Bapak Alifa. Sebenarnya, kerajinan ini bukanlah asli dari Pedukuhan Jipangan, melainkan dibawa oleh Pak Alifa dari daerah Ndowo, yang lokasinya tak jauh dari Pedukuhan Jipangan.Akan tetapi, seiring perkembangan jaman, Kerajinan Kipas Bambu di Jipangan jauh lebih pesat berkembang daripada di daerah aslinya, yaitu Ndowo.
Mulai sekitar tahun 1987, kerajinan kipas bambu mulai dibawa & diproduksi di Dusun Jipangan. Dari awalnya yang hanya satu pengrajin yaitu Bpk. Alifa sendiri, sekarang telah ada lebih dari 30 pengrajin yang menyerap lebih dari 250 tenaga pekerja untuk menggerakkan Sentra Kerajinan Kipas Bambu di Pedukuhan Jipangan ini.
Produk utama dan unggulan dari kerajinan yang terletak di Dusun Jipangan ini adalah Kipas Bambu. Kipas dari Jipangan menggunakan bahan baku bambu sebagai kerangka kipas. Bambu yang digunakan adalah bambu wulung atau bambu hitam karena seratnya halus dan tidak banyak serabut.
Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2014/01/12/desa-wisata-kerajinan-kipas-bambu-jipangan-bantul-yogyakarta/
Comments
Loading...