Kerajinan Kipas Di Seletan Bali

0 248

Kerajinan Kipas Di Sesetan Bali

Di Desa Sesetan, Denpasar Selatan, Bali, pada awalnya terkenal sebagai salah satu pusat produksi kipas. Pada tahun 1960 hingga 1980-an, sepanjang jalan ke arah Pelabuhan Benoa dari pusat kota ini banyak rumah warga yang sekaligus tempat membuat kipas. Namun, sekarang hanya satu dua rumah produksi kipas tersisa di jalan ini.

Wiracana adalah usaha keluarga yang diwariskan secara turun temurun. Perintis usaha ini adalah Ketut Wiranantaja. Mantan pekerja di kapal pesiar ini terbiasa membuat kipas bersama orang tuanya sejak kecil. Saat itu, kipas tangan adalah benda yang dibuat petani, termasuk ayah Wiranantaja, ketika ada waktu luang.

Setelah tiga tahun bekerja di Australia, Wiranantaja kembali ke Bali. Bapak tiga anak ini sempat jatuh bangun dengan usaha jual beli sepeda motor sebelum kemudian memulai usaha pembuatan kipas secara profesional. Karena hanya menggunakan tangan, jumlah produksi kipasnya termasuk sedikit pada saat itu, 20 per hari.

Dari semula hanya menempati usaha di rumah, kini Wiracana sudah berdiri di lahan seluas 27 are dengan 150 karyawan. Jumlah produksi dari semula hanya 20 per hari, kini bisa sampai hampir 1.000 per hari. Inovasi Wiranantaja kini terlihat hasilnya. Dari semula hanya dibuat dengan tangan, kini kipas itu dibuat dengan mesin. Dari semula hanya suvenir kawinan, kipas kini menjadi suvenir di hotel-hotel.

Salah satu mesin pencetak yang dimodifikasi oleh Wiranantaja membuat mesin tersebut bisa membuat kipas dengan motif-motif ukiran detail namun seragam. Mesin ini yang kemudian dipatenkan dan tidak boleh dilihat pihak lain kecuali staf mereka.

Dengan bahan dan desain yang menurut Wira lebih elegan, harga kipas Wiracana pun tak lagi murahan. Sebagai gambaran, kipas di pasar suvenir pada umumnya sekitar Rp 15.000 hingga Rp 50.000. Namun, harga kipas Wiracana bisa sampai Rp 150.000 atau bahkan yang paling mahal Rp 9,5 juta. Kipas-kipas eksklusif ini diproduksi secara khusus, tidak bercampur dengan produksi massal.

Source Kerajinan Kipas Di Sesetan Bali aeng aeng.com
Comments
Loading...