Kerajinan Kipas Kayu Cendana Di Bali

0 2.703

Kerajinan Kipas Kayu Cendana Di Bali

Kipas Bali adalah salah satu kerajinan tangan di bali yang sangat unik serta memiliki nilai seni yang tinggi. Kepet (Kipas) bukan sekadar benda untuk berangin-angin. Dalam jagat seni tari, kipas punya fungsi estetik dan simbolik yang banyak dihadirkan pada ekspresi tarian di berbagai belahan dunia, khususnya di kawasan Asia.

Di Bangli, Bali, salah seorang perajin bernama I Made Puja. Tak sedikit bentuk seni tari yang merpergunakan properti kipas sebagai pendukung totalitas ungkapan isi dan penampilannya seperti dapat disimak dari tari klasik Legong Keraton hingga tari modern kebyar Tarunajaya.

Kipas Bali ini adalah salah satu oleh-oleh dari Bali yang sangat menarik untuk di koleksi. Jenis-jenis kipas dengan design dan warna yang beragam membuat kipas-kipas ini makin menarik untuk dikoleksi. Kipas-kipas ini terbuat dari kayu dan ada juga yang dikombinasi dengan kertas maupun kain. Pembuatan Kipas dikerjakan oleh tangan-tangan trampil orang Bali, yang mana bahannya dipilih ada dari kayu Cendana, kombinasi dengan Kain dengan aneka warna dan tambahan pernik-pernik unik yang mempercantik penampilan kipas bali.

Source Kerajinan Kipas Kayu Cendana Di Bali Kerajinan Kipas Kayu Cendana Di Bali
Comments
Loading...