Kerajinan Kipas Khas Di Lampung

0 260

Kerajinan Kipas Khas Di lampung

Kipas Mahligai atau Kipas Maju (Pengantin), sebenarnya kipas ini sepasang, bentuknya berbeda untuk laki-laki dan perempuan. Dulu, kipas ini dibuat sendiri oleh seorang ibu yang mempunyai anak gadis remaja. Dibuat saat mengisi waktu, sedikit demi sedikit sampai sang anak tersebut menikah. Kipas Mahligai tidak diberikan kesemua orang yang datang ke pesta pernikahan sang anak, tetapi diberikan ke keluarga dekat saja, sebagai tanda kasih sayang. Salah satu perajinnya adalah ibu Fatmawati.

Kipas ini dianyam dari Bambu jenis Bambu Apus, diberi pewarna untuk memperkuat motif. Untuk kipas laki-laki bentuknya segi empat, untuk kipas perempuan berbentuk gerigi/ tangga. Setelah jadi, untuk kipas perempuan diberi hiasan manik-manik dan bunga yang terbuat dari wol warna warni. Gagang kipas pun terbuat dari bambu dan di bambu tersebut di beri tulisan pantun Sagata Lampung.

Sekarang ibu-ibu Lampung Kalianda, sudah jarang yang membuat kipas ini. Jadi saat mancari pengrajin kipas, kami agak kesulitan. Beruntunglah ada beberapa ibu-ibu pengrajin anyaman yang menerima pesanan. Harus dipesan terlebih dahulu. Semoga Kipas Mahligai Kalianda, menjadi populer mendunia sebagai ciri khas daerah Kalianda.

Source https://steemit.com https://steemit.com/art/@kakilasak/kipas-kipas-penabur-angin-pengrajin-kipas-lampung-yang-terlupa-20171017t16835996z
Comments
Loading...