Kerajinan Kipas Tulang Di Gianyar, Bali

0 263

Kerajinan Kipas Tulang Di Gianyar, Bali

Kerajinan kipas tulang semakin menurun. Kondisi tersebut karena tingkat kesulitan tinggi dalam proses pembuatan dan membutuhkan waktu relatif lama untuk membuat satu kipas tulang. Namun demikian, kerajinan kipas tulang tersebut masih ditekuni segelintir perajin. Salah satunya, I Wayan Darsana, di Banjar Penaka, Desa/Kecamatan Tampasiring. Gianyar, Bali Darsana menuturkan untuk membuat satu kipas tulang membutuhkan waktu tiga bulan, itu harus benar-benar ditekuni. Tingkat kesulitan terletak pada proses pengukiran tulang karena tulang berbentuk kipas sangatlah tipis.
Darsana menunjukkan beberapa hasil karyanya baik berupa kipas tulang dan kerajinan berbahan tulang lainnya. Bahan kipas itu dari tulang kaki sapi dan kerbau. Ukiran kipas tulang bermotif epos kakawin Mahabharata.

Proses Pembuatan Kipas Tulang

Proses pembuatan kerajinan ini, awalnya tulang direbus 2-3 jam, lanjut tulang dibersihkan dari sisa-sisa daging. Tulang ditipiskan dengan alat pengikir. Lanjut disketsa dan siap diukir dengan pisau pangutik. ‘’Dulu. sebelum ada mesin, segala sesuatu dikerjakan secara manual,’’ jelasnya.
Source Kerajinan Kipas Tulang Di Gianyar, Bali Kerajinan Kipas Tulang Di Gianyar, Bali
Comments
Loading...