Kerajinan Klompen Di Malang

0 317

Kerajinan Klompen Di Malang

Meski tak selaris tahun 1990an, warga Desa Toyomarto Kecamatan Singosari masih mempertahankan kerajinan sandal klompen.  Salah satunya adalah Darto, warga Dusun Sumberawan. Tidak hanya melayani pelanggan lokal, klompen buatannya sudah tembus pasar luar negeri.

Dijelaskan Darto, saat ini pelaku kerajinan home industry sandal klompen sudah tidak sebanyak di tahun 1990. Pasalnya persaingan kerajinan sandal berbahan baku dari kayu ini sangat sulit. “Dulu tahun 1990an ada sekitar 50 pelaku industri rumah tangga di dusun Sumberawan ini. Namun karena sulitnya pemasaran dan lebih memprioritaskan kuantitas ketimbang kualitas, membuat hampir 90 persen gulung tikar,” ujar Darto.

Menyusutnya perajin sandal klompen tersebut diungkapkannya karena pengerjaan yang tidak profesional. Sehingga barang hasil produksi tidak memenuhi kualitas. Hal tersebut membuat barang yang telah dikirim ke berbagai tempat dikembalikan kepada perajin kembali.

 “Dari pengalaman itu, membuat industri skala rumah tangga di Sumberawan ini hanya menyisakan tiga orang. Itu pun dua di antaranya hanya memproduksi barang setengah jadi,” terangnya.
Namun, berkat inovasi dan kreasinya dalam mengembangkan kerajinan sandal klompen milikinya, ia bisa bertahan hingga saat ini. Tidak hanya melayani beberapa pulau di Indonesia, namun produksi sandal klompen miliknya telah merambah pasar luar negeri, yaitu Italia. Produk klompen yang dipasarkan di sana bermotif batik. Sementara di Indonesia, pemasaran utamanya di pulau Bali.

Dalam sebulan, Darto bisa memproduksi sebanyak 3.000 pasang sandal klompen dengan berbagai model. Ada 15 karyawan yang mengerjakan. Untuk harganya,  setiap pasang klompen dibanderol dengan harga antara Rp 25 ribu sampai Rp 80 ribu. Tergantung dari motif dan lama pengerjaannya.
Darto berpesan, dalam menjalankan usahanya, setiap pelaku usaha harus terus berinovasi dan mengikuti kebutuhan pasar yang sedang ramai. “Dengan begitu pasar yang akan datang ke pelaku usaha. Juga, setiap ada pameran yang diselenggarakan oleh pemerintah, kita harus berpartisipasi. Itu nantinya yang akan mempermudah kita untuk berjejaring,” pungkasnya

Source https://www.malang-post.com https://www.malang-post.com/berita/malang-raya/klompen-sumberawan-tembus-italia
Comments
Loading...