Kerajinan Knalpot Home Industri Di Tegal

0 197

Kerajinan Knalpot Home Industri Di Tegal

Tegal dikenal sebagai “Jepang”nya Indonesia, bisa dikatakan sebagai basisnya home industri, berbagai jenis barang diproduksi. Di bidang otomotif ada pengrajin atau pembuat knalpot racing, tepatnya di Kelurahan Debong Tengah yang produksinya sudah tersebar di seluruh nusantara.

Suryani, pengrajin knalpot racing rumahan di Kelurahan Debong Tengah, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal mengatakan peminat produk knalpotnya berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bandung, Maluku dan Surabaya.

“Knalpot yang diproduksinya banyak disukai oleh kalangan di luar Tegal, biasanya knalpot ini digunakan tidak di daerah perkotaan melainkan di daerah-daerah pedesaan yang sepi mungkin jika di perkotaan sudah banyak larangan. Untuk jumlah kiriman knalpot ke luar daerah tergantung pada permintaan pemesan,” kata Suryani.

Suryani menuturkan awalnya dia menjadi buruh pembuat knalpot di Desa Pesarean Kabupaten Tegal hampir 10 tahun, sekitar delapan tahun lalu, dia mulai memberanikan diri untuk menjadi pengrajin knalpot secara mandiri, dan saat ini dia memiliki 12 orang pekerja.

“Knalpot yang kami produksi terbuat dari plat dan pipa besi yang kami kerjakan dengan baik, dengan memperhatikan sepresisi mungkin pada setiap knalpot yang kami buat sehingga terlihat halus dan harganya sangat terjangkau. Untuk knalpot biasa tidak dikrom dijual seharga Rp 60.000, bila sudah dikrom harganya Rp 85.000,” terangnya.

Suryani mengakui knalpot produksinya tersedia untuk berbagai jenis motor, baik jenis motor bermesin 4Tak maupun 2Tak yang berkubikasi mesin (cc) kecil, termasuk motor matic.

Source https://jateng.merdeka.com https://jateng.merdeka.com/ukm/yuk-tengok-produksi-knalpot-home-industri-dari-tegal-170713g.html
Comments
Loading...