Kerajinan Kolotok Karya Siswa SMA Di Banten

0 148

Kerajinan Kolotok Karya Siswa SMA Di Banten

Ratusan siswa SMA Waskito Tangerang Banten belajar membuat cendera mata berbahan bambu di Saung Mang Koko di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang. Dalam kunjungannya itu, para pelajar berlatih membuat gantungan kunci berbentuk kolotok. Yakni alat bunyi yang biasa digantungkan di leher sapi atau kerbau.

Koko Komarudin, pemilik sanggar angklung Saung Mang Koko mengatakan dengan mengajarkan pembuatan suvenir dari bambu diharapkan dapat merangsang kreativitas siswa. “Kita mengajarkan dari awal proses pembuatan sampai jadi. Dalam pelatihan ini dipilih salah satu suvenir yakni gantungan kunci kolotok. Prosesnya lebih mudah untuk dibuat,” ungkapnya.

Dia mengaku sering diminta untuk mengajarkan pembuatan suvenir atau kerajinan tangan berbahan bambu. “Kebetulan saya pengrajin angklung dan calung. Tidak hanya menjadi pelaku seni. Tapi juga mencoba melestarikan. Alhamdulillah kualitas produk saya terjaga,” tutur dia.

Mang Koko mengapresiasi keinginan generasi muda untuk belajar melestarikan produk lokal dan kesenian daerah. “Siapa saja yang ingin belajar saya terbuka. Tinggal datang saja ke sanggar. Selain membuat angklung dan calung, saya juga memproduksi suvenir seperti kolotok, kipas bambu dan berbagai hiasan dinding berbentuk kerajinan bambu dan perkakas yang digunakan orang tua kita dulu,” ujarnya.

Kepala SMA Waskito Tangerang Banten Hartono mengatakan pembelajaran membuat suvenir merupakan salah satu program dalam kegiatan kunjungan anak didiknya ke Pangandaran. “Kita sedang mengadakan kegiatan life in. Siswa kami berbaur dengan masyarakat sekitar untuk belajar kearifan lokal. Apa yang dilakukan di masyarakat mereka pelajari sebagai pengetahuan,” ungkapnya.

Pihak sekolah memanfaatkan kegiatan tersebut untuk memberikan pelajaran langsung dari masyarakat kepada siswa. “Kami berterima kasih sekali kepada Saung Mang Koko yang telah membimbing siswa kami. Mereka sangat senang dan sangat tertarik dengan keterampilan membuat berbagai kreasi dari bambu. Mudah-mudahan menjadi pengalaman berharga buat mereka,” tuturnya.

Source https://www.radartasikmalaya.com https://www.radartasikmalaya.com/siswa-kreatif-buat-suvenir-kolotok/
Comments
Loading...