Kerajinan Kombinasi Batik Dan Kerang Di Surabaya

0 185

Kerajinan Kombinasi Batik Dan Kerang Di Surabaya

Berawal dari rasa kepeduliannya terhadap lingkungan, khususnya di area pantai. Acik Yuli Triasasi memanfaatkan kerang yang berserakan, untuk dijadikan ladang bisnis yang menghasilkan jutaan rupiah. Dan ia beri nama UKM Ama & Opi.

Adapun pemberian nama UKM yang ia bikin terispirasi dari nama kedua anak kembarnya yaitu Salma Rosyida dan Shofia Rosyida. UKM ini memproduksi berbagai macam aksesoris seperti kalung gelang, cincin khususnya aksesoris untuk wanita.

Namun yang menjadi pembeda dengan produk-produk kerajinan lainnya adalah, adanya aksen motif batik serta tambahan hiasan terumbu kerang dan kerang, yang membuat ciri khas sekaligus menjadi daya tarik tersendiri dari produk ini.

“Produk saya ini cenderung ke kerang yang saya kombinasikan dengan motif batik. Banyak motif batik, tapi jarang yang menggunakan media kerang,” ucapnya pada Sureplus.id ketika ditemui di acara Mlaku-Mlaku nang Tunjungan.

Ia pun menjelaskan, bagaimana caranya merangkai motif hiasan kalungnya itu, yakni dengan memotong kain batik dan tali terlebih dahulu, lalu pada tahap pemotifan, Acik menggunakan teknik suspenso.

“Teknik suspenso itu perekatan motif kain batik dengan kawat. di dalam batik ini kan ada dua lapisan dan di antara dua lapiasan ini ada kawatnya. Kenapa saya kasih kawat? karena agar pembentukan polanya meyerupai tiga dimensi dan tidak lemas,” tutur perempuan kelahiran kota apel, Malang, ini.

Setelah menjadi satu rangkaian bunga, barulah pengaplikasian kerang pada kalung. “Kerang ini saya tempelkan di bawahnya dan ditali dengan kain agar tidak mudah jatuh,” tambahnya.

Kalung batik kombinasi kerang miliknya ini memang kerap laris diburu pembeli. Tak heran, omset per bulan yang didapat bisa mencapai Rp 8 juta hingga 10 juta

Source https://www.sureplus.id https://www.sureplus.id/2018/05/09/kreatif-kerajinan-ini-kombinasikan-kerang-dan-kain-batik/
Comments
Loading...