Kerajinan Konveksi Busana Muslim Di Cianjur

0 183

Kerajinan Konveksi Busana Muslim Di Cianjur

Berawal dari terdesak kebutuhan ekonomi dan sulitnya mendapatkan busana muslim syar’i, sepasang suami istri Wahyu Eka Sudarmawan (26) dan Luthfah Nurfaizah Darajat (26) memutuskan terjun di bisnis baju muslim meskipun saat itu mereka tak memiliki keahlian khusus di bidang konveksi. Dengan keterbatasan modal yang ada, awal kali merintis bisnis busana muslim ini Wahyu dan istri berjulan baju muslim pria seperti baju koko dan juga koko pakistan.

Kepada tim liputan BisnisUKM.com, Wahyu dan Luthfah berujar bahwa inspirasi awal memulai bisnis busana muslim dan muslimah ini lebih karena kebutuhan. “Kebutuhan yang kami maksudkan disini yaitu kebutuhan akan busana muslimah syar’i untuk dipakai sendiri dan juga kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ungkap Wahyu.

Kebetulan setelah berjalan beberapa waktu berjualan busana muslim pria, ketika itu Luthfah memiliki kebutuhan busana muslimah yang syar’i untuk dipakai sendiri. Namun ternyata di kota kecil seperti Cianjur ini sangat sedikit yang menjualnya bahkan Ia tidak mendapatkan busana yang cocok untuk dirinya kala itu. “Akhirnya kami memutuskan untuk mencari busana tersebut melalui media online berbelanja online dan alhamdulillah kami mendapatkan busana muslimah yang kami inginkan dari Jakarta waktu itu,” kenang Luthfah.

Dari pengalaman susahnya mencari busana muslimah yang dapat menutupi aurat dengan sempurna, maka saat itu terbersit dipikiran Wahyu, mengapa tidak coba saja masuk di bisnis perdagangan busana muslimah syar’i. karena persaingannya masih relatif rendah dan pelaku bisnisnya juga masih relatif sedikit.

“Akhirnya, tidak lama dari itu kami order kembali ke penjual busana muslimah dari Jakarta tadi dengan membeli grosir agar dapat menjual kembali dengan harga yang tidak terlalu mahal. Tentu konsekuensi kami berbelanja busana muslimah ini mengurangi modal kami untuk belanja baju koko. Namun dengan menyandarkan setiap perkara hanyalah kehendak Allah maka kita coba berjualan busana muslimah ini. Dan satu demi satu barangpun terjual dan bahkan perputarannya lebih cepat daripada kami berjulan baju koko waktu itu,” ujarnya.

Melihat peluang bisnis busana muslimah yang menjanjikan, Wahyu pun berputar arah sehingga modal usaha yang sedikit tersebut Ia alihkan untuk berbelanja stok busana muslimah. “Dan alhamdulillah waktu itu kami bertemu dengan seorang teman yang biasa menjahit jilbab. Kemudian kami pun lari mengambil produk dari teman tersebut untuk kami jual mengurangi barang-barang yang dari Jakarta tadi karena pertama terlalu jauh, kedua ongosnya lebih mahal sehingga keuntunganpun tipis. Akhirnya bisnis jualan jilbab kala itu berjalan sedikit demi sdikit dan mulai merangkak,” jelas Wahyu.

Source https://bisnisukm.com https://bisnisukm.com/terdesak-kebutuhan-kini-sukses-berbisnis-busana-muslim.html
Comments
Loading...