Kerajinan Koran Bekas Karya Jemaat Gereja Di Tulungagung

0 119

Kerajinan Koran Bekas Karya Jemaat Gereja Di Tulungagung

Meskipun terlihat sepele, tumpukan koran bekas ternyata mempunyai nilai tersendiri bagi sejumlah jemaat Gereja Katolik Santa Maria dengan Tidak Bernoda asal Tulungagung.

Jemaat yang tergabung dalam kelompok pengembangan ekonomi sosial ini, merubah tumpukan limbah koran bekas menjadi sebuah karya kerajinan yang mempunyai nilai ekonomi.

Beragam jenis kerajinan seperti vas bunga, tempat minum, tempat tisu, tempat pensil dan kap lampu, mereka buat dari koran bekas.

Ditemui di galery-nya yang terletak di Kelurahan Jepun, Kecamatan Kota, Kabupaten Tulungagung, belasan anggota tampak semangat mengerjakan sejumlah kerajinan.

Koran bekas yang mudah ditemukam mereka potong dan gulung sesuai dengan ukuran. Gulungan koran bekas ini lah yang kemudian menjadi bahan pembuatan kerajinan koran bekas ini.

“Gulungan ini disusun atau bisa juga dirajut hingga membentuk kerajinan vas bunga atau tempat pensil,” ujar Koordinator Kelompok Pengembangan Sosial, Totok Supariyanto.

Diperlukan ketelitian dan ketelatenan untuk membuat kerajinan dari koran bekas ini. Setelah terbentuk sesuai keinginan, kerajinan ini kemudian dilapisi oleh lem khusus untuk memperkuatnya.

Tidak hanya itu, agar terlihat lebih indah mereka juga melapisi plitur yang dicampur dengan resin. “Jadinya akan lebih indah dan kuat serta lebih tahan air,” tuturnya.

Totok menambahkan, ide untuk membuat kerajinan ini berawal dari keprihatinan jemaat gereja, terkait banyaknya limbah sampah. Mereka kemudian membuat pelatihan untuk mengelola sampah dan kemudian mendirikan bank sampah.

Namun hasil pengelolaan bank sampah dirasa masih kurang bagi anggota jemaat. “Kemudian kami belajar membuat kerajinan berbahan koran bekas setelah dijual ternyata memiliki nilai ekonomi cukup tinggi,” imbuhnya.

Source https://jatimnow.com https://jatimnow.com/baca-7627-kreatif-jemaat-ini-kelola-sampah-koran-jadi-berbagai-kerajinan
Comments
Loading...