Kerajinan Kostum JFC Di Jember

0 225

Kerajinan Kostum JFC Di Jember

Jember Fashion Carnaval (JFC) diakui sebagai karnaval bergengsi di dunia. Kemegahan dari kostum setiap peserta selalu mampu memukau para penonton dari dalam dan luar negeri. Detail kostum yang rapi, bahan yang digunakan aman dan nyaman, serta ide kreasi kostum yang belum pernah ada sebelumnya, menjadi ciri khas dari kostum yang dipakai peserta JFC.  Dilihat dari depan-belakang maupun jauh-dekat, kostum tetap terlihat bagus, menarik, dan mengagumkan. Dibalik pembuatan kostum-kostum JFC tersebut, tentunya selalu ada tangan-tangan terampil yang memiliki jiwa seni tinggi. Seperti seniman-seniman kostum asal Kecamatan Mayang, Jember, Jawa timur.

Seniman pembuat kostum di Kecamatan Mayang tak lain adalah warga sekitar rumah bapak Ahmad Muhajeri. Sejak 2010, Ahmad mengajak warga sekitar untuk membuat kostum JFC. Setiap harinya, 10 pengrajin dengan ulet mengerjakan pesanan kostum JFC.

“Saya sendiri belum pernah ikut JFC, tapi saya ngajak pemuda sekitar sini untuk ikut, dan kemudian dapat juara Best Costum. Disana ketemu dengan banyak peserta sharing masalah kostum dan akhirnya banyak yang pesan juga kesini.” ujar Ahmad Muhajeri.

Berawal dari pengrajin dekorasi pesta, kini kreatifitasnya tertuang di setiap bagian ornamen kostum karnaval. Saat ini bapak Ahmad Muhajeri bersama teman-teman seniman di “Artjer” semakin bersemangat untuk berkreasi. Dari pagi hari hingga sore, di halaman rumah pak Ahmad Muhajeri mereka mengerjakan proses pembuatan kostum JFC dengan tingkat ketelitian yang tinggi.

Bahan-bahan yang digunakan oleh mereka pun bermacam-macam. Seperti gabus, lem, manik-manik plastik, bermacam-macam jenis kain, cat semprot, yang semuanya itu mereka dapat dari pasar-pasar di sekitar kota jember. Setelah mendesain dan membuat pola plat pada kertas, kemudian digambar pada lembaran gabus, diberi warna yang sesuai, kemudian dirangkai digabungkan dengan bagian lain hingga membentuk kostum yang siap dipakai peserta JFC dan luar biasa mengagumkan tentunya.

6 bulan sebelum pagelaran JFC, pesanan kostum sudah bertumpuk. Biasanya, untuk pengerjaan 1 kostum membutuhkan waktu 1 sampai 2 minggu. Dan di setiap tahunnya, Ahmad Muhajeri menerima kurang lebih 20 kostum pesanan kostum. Harga kostum JFC karya pak Ahmad Muhajeri ini benacan-macam harganya, berkisar dari ratusan ribu hingga belasan juta rupiah. Kostum karya Artjer, tidak hanya diminati peserta JFC, beberapa peserta karnaval dari kota-kota lain juga ikut memesan dan menyewa kostum di tempat ini.

Source https://lokalkarya.com https://lokalkarya.com/kostum-jfc-buatan-warga-kecamatan-mayang.html
Comments
Loading...