Kerajinan Kostum Karnaval Di Bojonegoro

0 226

Kerajinan Kostum Karnaval Di Bojonegoro

Pawai Budaya maupun karnaval yang rutin dihelat di Bojonegoro, baik dalam rangka Agustusan maupun Hari Jadi Bojonegoro, mampu menyedot antusiasme masyarakat. Tiap kali perhelatan, pawai selalu ramai, baik oleh peserta maupun penontonnya. Para peserta, dari berbagai instansi atau kelompok, berlomba-lomba tampil beda dengan keunikan kostum mereka. Tentu saja itu tidak serta merta, melainkan melibatkan tangan-tangan kreatif di balik keunikan kostumnya. Peluang itu disambut dengan positif oleh para penyedia jasa penyewaan maupun pembuatan kostum.

Anugrah AH, seniman asal Desa Ngrowo, Kecamatan Kota, dia termasuk tangan kreatif tersebut. Sebagai seorang seniman, Anugrah, menyediakan diri untuk jasa pembuatan kostum karnaval. Seperti saat ditemui BBC, BeritaBojonegoro.com, saat ini dia baru saja menyelesaikan satu kostum berbentuk peri bersayap yang merupakan pesanan dari seorang pelanggan untuk karnaval di Kecamatan Kedungadem. Kostum yang baru diselesaikannya itu, didesign sendiri oleh Anugrah.

Yang menarik, kostum karnaval berwarna ungu itu dibuat dengan begitu kreatif, yakni dari bahan dasar kantong kresek bermotif. Perpaduan antara gaun, batik, dan kimono itu menghasilkan kostum peri yang cukup cantik menawan. Apalagi ditambah dengan dua sayap membentang di punggung dan juga sebatang tongkat ajaib. Pembuatan kostum ini membutuhkan tiga pack kantong kresek, kain furing, kace, hiasan natal, kawat. Untuk tongkat ajaibnya, Anugrah AH menggunakan paralon bekas yang dibungkus kertas marmer dan ornamen yang biasa digunakan saat Hari Raya Natal.

Kostum buatan seniman yang juga menggambar dan bermusik ini dibanderol harga sekitar Rp500.000 sampai Rp600.000. Harga itu sudah lengkap, mulai dari design sampai proses pembuatannya.

“Karena ini untuk lokal, saya menjualnya sekitar Rp500.000 sampai Rp600.000. Berbeda dengan kostum luar. Bisa jutaan. Biasanya harga segitu (Rp500.000 sampai Rp600.000) hanya untuk sewa saja,” tutur Anugrah AH kepada BBC, sapaan Beritabojonegoro.com.(

Source https://beritabojonegoro.com https://beritabojonegoro.com/read/375-anugrah-ah-seniman-kreatif-pembuat-kostum-karnaval.html
Comments
Loading...