Kerajinan Kostum Karnaval Di Desa Jenu

0 134

Kerajinan Kostum Karnaval Di Desa Jenu

Banyaknya kegiatan dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI yang digelar berbagai daerah selama bulan Agustus ini, memberikan berkah tersendiri bagi para pengrajin kostum karnaval di Kabupaten Tuban, Jawa Timur.
Kondisi tersebut dirasakan oleh Ahmad Rofik, pengrajin kostum karnaval di Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Sejak sebulan lalu, Pesanan kostum karnaval buatannya melonjak hingga 70 persen dibanding hari biasa, baik kostum bermotif sederhana, maupun kostum fashion carnaval yang memiliki desain unik dan rumit.

Rofik menjalani usaha ini sejak 3 tahun lalu. Berawal dari membuat kostum untuk anaknya sendiri, tanpa diduga, banyak warga yang ternyata tertarik dan meminta untuk dibuatkan. Kini, usahanya tersebut makin berkembang dan makin dikenal tidak saja di wilayah Tuban, tetapi juga menjangkau daerah sekitar.

“Harga untuk setiap kostum berbeda-beda, tergantung dari detail dan kerumitan pembuatannya. Harga satu set pakaian dipatok mulai Rp 150 ribu hingga Rp 600 ribu per potong. Sedangkan, khusus kostum anak-anak dijual rata-rata Rp 100 ribu per potong,” kata Ahmad Rofik, pengrajin baju karnaval.

Karena banyaknya pesanan, kini Rofik dibantu oleh istrinya untuk menggarap desain kostum tersebut. Mulai dari menjahit baju, serta membuat pola-pola dari bahan busa tikar untuk dijadikan pernak-pernik kostum.

Rofik tidak hanya menerima pesanan dari Tuban, tapi juga di daerah Blora, Bojonegoro, dan Lamongan.

“Saya memilih memesan kostum karnaval disini, karena kualitas dan harganya yang terjangkau,” ungkap Faruq, pembeli.

Source http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=51051 http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=51051
Comments
Loading...