Kerajinan Kostum Karnaval Di Tulungagung

0 211

Kerajinan Kostum Karnaval Di Tulungagung

Mytha Efrilainti (20) dan adik Letisa Ayu Nagisa Putri warga dusun Duwet Desa Wates terlihat anggun saat turut dalam pawai karnaval HUT Kemerdekaan ke 72 di jalanan. Memakai kostum karya Gisyuningsih (29) peserta dengan gaun aneka warna dan corak terlihat menarik perhatian pengunjung.

’’Butuh waktu cukup lama untuk membuat kostum itu, biayanya tidak mahal namun cukup rumit’’ ujar Gisyuningsih. Kostum burung berwarna hitam dengan kombinasi emas dan merah tersebut diilhami kostum para desainer yang tampil di berbagai event yang pernah dia saksikan.

Perbedaannya terletak di bahan dan warna yang menyesuaikan dengan kelas kostum karnaval biasa.

“Ini baru kita buat, per kostum lengkap menghabiskan biaya sekitar 300 ribu rupiah. Nanti bisa di rental, setiap tahun kostum seperti ini banyak yang membutuhkan untuk karnaval,” tambahnya.

Kostum karya Gisyuningsih ini didominasi warna dasar hitam dengan kombinasi emas dan merah serta dirancang tidak berat dan bisa ditembus angin jika digunakan jalan.

’’Bahan utamanya hanya kain dan rakitan bambu,’’ paparnya.

Gisyuningsih mengaku mengerjakan adikaryanya tersebut sendiri. Mulai mendesain sampai menjahitnya. ’’Kurang lebih butuh waktu lima belas hari ini untuk 15 kostum,’’ kata ibu rumah tangga yang tinggal di RT 2 RW 3, Wates Sumbergempol, tersebut. Karena persiapan cukup mepet, dia mengerjakannya bisa sampai larut malam. Sebab, dia harus membagi waktu dengan aktivitas menjahit pesanan lain.

Sejak tiga tahun terakhir, Gisyuningsih menjadi perancang kostum karnaval. Karya-karyanya sudah diakui di Tulungagung. Dirinya memiliki cukup banyak kostum. Kostum karyanya selalu mengusung tema budaya lokal.

Sejumlah festival dan karnaval kostum pernah diikuti. Menurutnya ini merupakan momen berkah baginya untuk menampilkan hasil karya yang juga menghasilkan pendapatan.

“Riasnya sekitar Rp. 100 – Rp. 150 ribu, nah nanti kami sewakan bajunya juga 150-200 ribu. Siapa yang membutuhkan biasanya banyak setelah tau kita tampilkan di satu event karnaval,” pungkasnya.

Source https://www.jatimtimes.com https://www.jatimtimes.com/baca/157193/20170819/231745/gisyuningsih-perancang-kostum-karnaval-asal-tulungagung/
Comments
Loading...