Kerajinan Kreasi Aksesoris Etnik Di Jakarta

Produk fashion fesyen gaya etnik etnic.foto dok.Alini Alini Fashion Ethnic

0 219

Kerajinan Kreasi Aksesoris Etnik Di Jakarta

Dunia fesyen tanah air terus bergerak cepat. Produk-produk buatan tangan (handmade) dengan sentuhan kain khas Indonesia seperti batik dan tenun semakin berkembang. Perajin pun semakin kreatif dengan memaudkan berbagai bahan menjadi desain yang etnik.

Kolaborasi kain-kain khas dalam negeri ini makin banyak digunakan untuk produk fesyen. Mulai dari pakaian, tas, hingga aksesoris. Pasar pun nampak agresif menerima produk-produk fesyen gaya etnik ini.

Iskandarsyah, perajin sekaligus pemilik Alini Fashion Ethnic di Jakarta menilai  perkembangan produk fesyen etnik tanah air makin pesat. Kondisi ini didorong oleh pasar yang terus berkembang dan meluas. “Anak muda sudah mulai awaredengan produk etnik. Mereka kini berpikir, batik menjadi barang yang lebih berharga bila dibandingkan produk impor,” katanya.

Sekedar info, Alini merupakan brand dari produk aksesoris. Iskandarsyah fokus menggarap desain dengan mengkombinasikan  batik dan logam. Jenis aksesorisnya mulai dari gelang, anting, kalung, dan lainnya.

Harga produknya mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 150.000 per item. Dalam sebulan, Iskandaryah bisa memproduksi hingga 1.000 item berbagai produk aksesoris.

Konsumennya pun sudah cukup luas, tidak hanya di Jakarta tapi sudah sampai Palu, Lampung, dan daerah lainnya. Beberapa waktu lalu dia juga sempat ikut dalam ajang pameran di Jepang.

Yang menarik, perajin Alini terdiri dari 15 orang yang seluruhnya merupakan perempuan. Awalnya, mereka merupakan ibu rumah tangga yang tinggal di kawasan bantaran Sungai Menteng, Jakarta Pusat. Iskandar memberikan pelatihan kerajinan untuk menaikkan taraf perekonomian mereka.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id http://peluangusaha.kontan.co.id/news/kecintaan-tanah-air-giring-kejayaan-produk-etnik?utm_source=dable
Comments
Loading...