Kerajinan Kreasi Inovatif Karya Siswa SMK Di Lombok

0 150

Kerajinan Kreasi Inovatif Karya Siswa SMK Di Lombok

Ratusan produk hasil karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dipamerkan dalam Pameran Produk Kreatif Inovatif 2018 di Lombok City Center, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pameran ini digelar dalam rangka Lomba Kreativitas Siswa (LKS) SMK XXVI 2018 yang berlangsung 7 hingga 12 Mei 2018.

Ada sebanyak 46 stan yang terdiri atas 34 SMK dari 34 provinsi di Indonesia dan 12 SMK di NTB yang mengisi pameran tersebut. Setiap stan menampilkan sejumlah produk unggulan yang dihasilkan dari SMK di masing-masing provinsi. Produk  yang dipamerkan diproduksi dan dijual sendiri oleh siswa SMK tersebut.

Produk yang dipamerkan dalam pameran ini cukup beragam, mulai dari produk makanan, tekstil, kerajinan tangan, kerajinan kayu, perhiasan, tanaman, teknologi, dan lain-lain. Salah satu produk yang ditampilkan misalnya mukena dengan motif bunga yang dihasilkan dari teknik sulam bayang. Mukena ini diproduksi oleh siswa SMK Negeri 1 Ampek Angkek, Kabupaten Agam, Sumatra Barat dan dijual dengan harga Rp400.000. Proses pembuatan mukena dengan teknik ini membutuhkan waktu pengerjaan selama 15 hari.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy berkesempatan berkeliling melihat produk kreasi siswa SMK tersebut. Mendikbud mengaku bangga melihat beragam produk yang dipamerkan itu dihasilkan oleh siswa SMK atas bimbingan dari guru-guru. “Bagus, tingkatkan terus,” ujar Mendikbud saat berkunjung dan berbincang dengan siswa SMK di salah satu stan pameran.

Source https://www.kaskus.co.id https://www.kaskus.co.id/thread/5aefd4f492523373668b4570/ratusan-produk-kreatif-inovatif-siswa-smk-dipamerkan/
Comments
Loading...