Kerajinan Kreasi Styrofoam Di Jakarta

0 58

Kerajinan Kreasi Styrofoam Di Jakarta

Gabus atau disebut juga styrofoam merupakan salah satu produk industri yang dibuat dari foamed polystyren berbahan dasarnya adalah jenis plastik polystyrene yang bersifat ringan, molekul rapat, kaku, da tembus cahaya. Agar bahan produk yang dihasilkan bisa lebih lentur, maka ditambahkan zat plaztizer lalu ditiup dengan gas CFC agar mengembang.

Dengan sifat bahan yang ringan dan kedap air, styrofoam banyak dimanfaatkan sebagai media penyimpanan yang bagus, baik untuk kalangan industri maupun keperluan rumah tangga. Selain itu, karakter bahanya yang mudah dipotong, membuat gabus atau styrofoam banyak digunakan oleh para pengerajin untuk diolah menjadi barang yang bernilai estetika dan tentunya menjadi produk ekonomis.

Berbicara tentang kreatifitas yang mampu menjadi lahan usaha yang menjanjikan, maka styrofoam merupakan salah satu bahan yang bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Modal utamanya adalah jiwa seni kreatif.

Dalam kewirausahaan yang memanfaatkan styrofoam, ada berbagai macam model yang bisa diciptakan, mulai dari hiasan dinding, tulisan 3 dimensi, seni dekoratif pesta, hingga miniatur berbagai benda. Para penggelut bidang usaha ini banyak menggarap pesanan berupa kreasi styrofoam untuk kebutuhan iklan dan promosi usaha. Berbagai produk miniatur berbahan styrofoam juga menjadi salah satu peluang bisnis yang profitable.

Banyak pengusaha yang menggeluti usaha ini, misalnya membuat miniatur rumah, pesawat terbang, mobil, hewan, dan lainnya mampu meraih omzet di atas 10 juta rupiah tiap bulannya. Mereka menjual produk tersebut sekitar 15.000 rupiah per item, tergantung ukuran dan kesulitan pengerjaan.

Besar kecilnya omzet biasanya tergantung pangsa pasar yang dibidik. Cakupan pangsa pasar dalam usaha kerajinan styrofoam ini boleh dikatakan cukup luas. Perusahaan, organisasi, hingga kalangan rumah tangga dan individu pribadi adalah target-target yang bisa mendatangkan rupiah. Bergelut dalam usaha ini ternyata memiliki jumlah pesaing yang masih sedikit. Hal ini tidak terlepas dari modal utama yang paling dibutuhkan, yaitu bukan soal uang tapi terkait dengan ide dan jiwa kreatif.

Meskipun modal kecil, namun jika produk yang dihasilkan mampu membuat calon konsumen terkesan, maka bukan tidak mungkin dapat mendatangkan keuntungan yang melimpah. Beberapa pelaku usaha ini mengaku mendapat margin keuntungan yang cukup tinggi, yakni antara 30-60%.

Source https://www.kerjausaha.com https://www.kerjausaha.com/2013/08/membangun-usaha-kreatif-berbahan-gabus.html
Comments
Loading...