Kerajinan Kriya Daun Di Surabaya

0 132

Kerajinan Kriya Daun Di Surabaya

Ia salah satu pelopor kepedulian lingkungan yang ada di Surabaya. Berkatnya, kini limbah daun kering dapat dijadikan kreasi dengan segudang jenis produk yang bervariasi. Dia adalah Siti Retnanik, pemilik UKM Bengkel Kriya Daun.

Pada mulanya ia usaha di bidang jasa boga. Namun pasca-meninggalnya sang suami, akhirnya ia memutuskan untuk melepaskan usaha kulinernya itu dan beralih meneruskan usaha kerajinan daun kering yang didirikan mendiang suaminya.

Meskipun ia tak mempunyai latar belakang seni, ia tetap bersikukuh dengan usaha yang ia geluti sekarang. Karena suami sudah mengajarkan banyak hal mengenai tata cara, desain, bahkan dalam segi pemasaran.

“Saya dulu itu juga usaha boga karena saya suka masak. Bahkan saya sering menang dalam lomba masak. Saya juga bukan hanya sekadar meneruskan, tapi juga harus mempunya inovasi dan ide kreatif. Almarhum, mengajarkankan banyak hal tentang usaha ini,” ceritanya.

Meskipun ia sibuk mengurusi berbagai macam pesanan konsumen. Wanita 60 tahun ini tak pelit untuk berbagi ilmu kepada orang lain, bahkan kepada rekan bisinisnya. Nanik sering mengisi pelatihan-pelatihan kerajinan yang diadakan mulai dari kalangan yayasan, sekolah, juga dari instansi pemerintahan.

Berkat keuletann itu, kini Nanik dipercaya Walikota Surabaya Tri Risma Harini untuk dijadikan koodinator Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda Surabaya.

‘Ya syukur Alhmadulilah saya dipercaya sebagai koordinator PE. Jadi kalau ada teman-teman pengusaha yang ingin konsultasi soal usahanya ya saya yang tangani,” ucapnya dengan bangga.

Dengan berbagai kreativitas serta keterampilan yang ia miliki. Nanik sering mendapatkan berbagai penghargaan dari instansi perusahaan swasta maupun pemerintahan. Diantaranya, terpilih sebagai Handycraft Terbaik dari Pemkot Surabaya, Pemenang Kategori Ketiga sebagai pelopor kepedulian lingkungan dari Semen Gresik, serta Ibu Kreatif dalam Peringatan Hari Ibu yang diadakan oleh asosiasi Perajin Jawa Timur, dan tentunya masih banyak lagi.

“Saya berharap usaha saya ini tetap berlanjut dengan seiring perkambangan zaman yang semakin pesat ini. Cita-cita saya menjadikan kerajinan daun ini bisa menjadi salah satu ciri khas Surabaya seperti halnya batik. Dan saya juga ingin merekrut lebih banyak lagi tenaga kerja dari kalangan ibu-ibu,” tutupnya.

Source https://www.sureplus.id https://www.sureplus.id/2018/04/18/sukses-dengan-peninggalan-bakat-suami/
Comments
Loading...