Kerajinan Kuda Lumping Di Batang

0 219

Kerajinan Kuda Lumping Di Batang

Mbah Supar Lelaki yang berusia 60 tahun ini telah menekuni kerajinan kuda lumping sejak 25 tahun yang lalu. Beliau merupakan salah satu tokoh kesenian kuda lumping di desanya yaitu Desa Kebumen Kecamatan Tersono Kabuaten Batang. Sosoknya juga telah dikenal luas terutama di daerah SORBANWALI serta wilayah kabupaten Kendal sebelah barat seperti Weleri, Cepiring, Plantungan dan Pageruyung.

Proses pembuatan kuda luming masih dikerjakan sendiri oleh mbah Supar dan istrinya. Jika sedang mendapat banyak pesanan kadang-kadang beliau dibantu temannya. Bahan baku utama adalah bambu dan serabut wit aren. Proses pembuatan dimulai ngirati, nganam, mblengkeri, masang rambut kemudian mengecat. Ada 2 macam kuda lumping yang diproduksi oleh mbah supar, kuda lumping ukuran kecil untuk anak-anak dan kuda lumping dewasa yang biasa digunakan dalam pertunjukan kuda lumping. Harga kuda lumping ukuran kecil Rp 25.000 – Rp 30.000, sedangkan ukuran besar Rp 70.000 – Rp 75.000. Lamanya pembuatan antara 1 – 3 hari.

Prinsip mbah Supar adalah jangan sampe mengecewakan konsumen sehingga kualitas sangat diperhatikan serta selalu ada stock yang disediakan. Beliau menjelaskan walaupun tidak ada pesanan stock harus ada karena jika ada calon pembeli yang datang, mereka tidak kecewa karena kekosongan persediaan. Prinsip inilah yang membuat mbah Supar dipercaya dalam urusan kerajinan kuda lumping.

Untuk pemasaran, ada pembeli yang datang langsung atau lewat telepon. Tak jarang juga teman-teman sesama pelaku kesenian kuda lumping juga ikut memasarkan. Untuk wilayah pemasannya masih sebatas area lokal batang timur dan bebraa daerah barat di kabupaten Kendal seperti Weleri, Cepiring, Plantungan.

Source http://desakebumen.com http://desakebumen.com/mbah-supar-pengrajin-kuda-lumping-kuda-kepang.html
Comments
Loading...