Kerajinan Kuda Lumping di Temanggung

0 329

Kerajinan Kuda Lumping di Temanggung

Kabupaten Temanggung memiliki sebuah seni budaya lokal yang telah diwariskan secara turun-temurun oleh masyarakat sejak ratusan tahun silam, namanya jathilan atau kuda lumping. Kesenian tersebut telah mendarah daging di seluruh kalangan mulai anak-anak hingga orang tua. Tak hanya menarik dari segi estetika tarian maupun pakaian yang dikenakan oleh para pemainnya, daya tarik lain dari pagelaran seni jathilan adalah fenomena kesurupan yang biasa merasuki pemain di tengah alunan musik gamelan pengiring.

Peralatan pendukung utama yang wajib ada dalam setiap pementasan jathilan adalah kuda kepang. Namun sayang, dalam perjalanannya, saat ini hanya segelintir orang saja yang masih memiliki kemahiran untuk membuatnya.

Salah satunya adalah pemuda asal Dusun Kembang Desa Dlimoyo Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung yang bernama Suriwanto. Meski tergolong muda, namun hati kecilnya selalu terusik untuk ikut terlibat langsung dalam mempertahankan eksistensi kesenian jathilan.

Kondisi ini pun tak lepas dari masa remajanya yang sudah tergabung sebagai pemain musik gamelan pengiring serta faktor keluarga yang sudah sejak lama dikenal sebagai pembuat kuda kepang, bahkan termasuk sebagai usaha turun-temurun.

Lambat laun, usaha yang ia rintis ini menuai banyak pujian. Pasalnya, tidak hanya memiliki keunikan tersendiri, ia juga mengaku tidak pernah menggunakan teknik pengecapan untuk menggambar ornamen, namun masih dilakukan secara manual menggunakan tangan kosong dipadu dengan imajinasi yang ia miliki.

Hasilnya, kerajinan kuda kepang miliknya mampu menarik minat pembeli asal berbagai daerah. Antara lain Kabupaten Temanggung sendiri, Kendal, Batang, Semarang, Wonosobo, hingga Jakarta. Dengan harga berkisar antara puluhan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung tingkat kerumitan, kuda kepang berbahan utama anyaman bambu dan ijuk yang ia produksi telah menghasilkan omzet hingga puluhan juta per bulannya.

Source https://jateng.merdeka.com https://jateng.merdeka.com/ukm/dikerjakan-manual-kuda-kepang-karya-suriwanto-dikenal-hingga-jakarta-170406v.html
Comments
Loading...