Kerajinan Kulit Ikan Di Medan

0 231

Kerajinan Kulit Ikan Di Medan

Pengrajin kulit ikan yang berada di kawasan Jalan Teratai No.14 A Medan semakin menambah panjang deretan pengrajin UKM di Medan. Adapun “Rawigi Craft” yang telah lama berdiri ini menyediakan kerajinan dengan konsep hand made, yang selalu diserbu pencinta seni unik di Sumatera Utara untuk dijadikan cendramata ataupun hadiah. Berawal dari usaha kecil- kecilan dengan melakukan kerja sama dengan nelayan di Aceh untuk mendapatkan tambahan pasokan bahan baku, “Rawigi Craft” mulai menapaki dunia bisnis di Medan.

“Tambahan bahan baku berupa kulit ikan itu sangat diperlukan untuk meningkatkan produksi kerajinan, menyusul semakin meningkatnya permintaan, “kata pengrajin kulit ikan, Roma Girsang.

Menurutnya, permintaan bukan hanya datang dari dalam negeri saja, melainkan dari pasar luar negeri seperti Malaysia dan Jepang. Bahan pembuat kerajinan “Rawigi Craft” ini sangat beragam, mulai dari kulit ikan nila, ikan tuna bahkan ikan hiu serta binatang reptil lainnya.

Menurut penuturan Iwa salah seorang pembeli yang berhasil dimintai pendapatnya mengatakan, “Saya menyukai karena bentuknya unik dan jarang ditemukan di daerah lain, jadi saya mau koleksi aja,” paparnya.

“Dengan adanya tambahan pasokan bahan baku maka diharapkan pengrajin bisa memenuhi permintaan pasar,” tambah Iwa.

Roma juga sempat menambahkan, mengenai pendapatan serta izin penjualan tidak ada masalah yang berarti karena usahanya sudah mendapat izin dari Menteri Kelautan dan Perikanan untuk memproduksi kerajinan ini. Dan untuk keuntungan sendiri ditaksir mencapai Rp25 juta hingga Rp30 juta per bulan, meski pendapatan sempat menurun karena krisis ekonomi.

Source https://leatherindonesia.wordpress.com https://leatherindonesia.wordpress.com/2010/02/08/pengrajin-kulit-ikan-ramaikan-ukm-medan/
Comments
Loading...