Kerajinan Kulit Ikan Pari di Sleman

0 241

Kerajinan Kulit Ikan Pari di Sleman

Kerajinan kulit merupakan lahan usaha yang cukup potensial untuk dijalankan. Berbagai produk yang dihasilkan dari bahan kulit menjadikannya selalu mempunyai pasar tersendiri. Salah satu kerajinan kulit yang menjadi potensi industri di Kabupaten Sleman, DIY adalah kerajinan kulit ikan pari. Kulit ikan pari memiliki nilai ekonomi tinggi karena coraknya yang eksotik, sehingga hasil kerajinan kulit ikan pari pun menjadi barang yang banyak digemari oleh konsumen. Salah satu perajin nya adalah Enung.

Salah satu IKM dari Kabupaten Sleman yang mengikuti program tersebut adalah IKM yang mengolah kulit ikan pari menjadi berbagai produk kerajinan seperti dompet, tas, ikat pinggang, dan asesoris lainnya. Kulit ikan pari memiliki karakteristik yang berbeda dari kulit sapi. Ikan pari memiliki kulit yang sangat keras. Lapisan kulit terluar menyerupai bintik-bintk kristal yang berfungsi untuk melindungi tubuhnya. Inilah yang membuat tekstur ikan pari dianggap eksotik.

Harga kerajinan dari kulit ikan pari sangat bervariasi tergantung kualitas bahan yang digunakan. Misalnya saja dompet wanita dapat dibeli dengan dengan kisaran harga Rp 300.000 sampai Rp 700.000. Dompet pria memiliki harga yang lebih rendah, yaitu kisaran Rp 150.000 sampai Rp 400.000. Dengan harga jual yang tinggi, maka prestise barang kerajinan kulit ikan pari tidak kalah dengan barang-barang bermerek dari luar negeri.

Source Kerajinan Kulit Ikan Pari di Sleman Kerajinan Kulit Ikan Pari Dari Kabupaten Sleman
Comments
Loading...