Kerajinan Kulit Jagung Karya Ibu Ibu Di Desa Sukolilo

0 334

Kerajinan Kulit Jagung Karya Ibu Ibu Di Desa Sukolilo

Pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari kulit jagung di TK Nasyiatul Aisyiyah. Kotak tisu, bingkai foto, dan gantungan kunci merupakan kerajinan tangan yang sering dibuat menggunakan bahan-bahan bekas atau barang yang sudah tidak terpakai. Penggunaan barang tak tepakai menjadi kerajinan tangan dapat mengurangi sampah yang dapat mencemari lingkungan.

Kerajinan-kerajinan tersebut biasanya terbuat dari sampah plastik, kaleng bekas, dan kertas. Selain barang-barang tersebut, kulit jagung juga dapat dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan unik dan menarik.

Desa Sukolilo memiliki banyak perkebunan jagung. Jagung hasil panen dipisahkan dari kulitnya dan selanjutnya dikeringkan. Kulit-kulit jagung tersebut hanya dibiarkan di kebun atau dibakar. Untuk mengurangi sampah kulit jagung tersebut Fauziah Citra Rahmawati, anggota KKN Tim 1 Undip Desa Sukolilo memberi pelatihan kepada ibu-ibu PKK Nasyiatul Aisyiyah mengkreasikan kulit jagung menjadi kerajinan tangan.

Pelatihan ini dilaksanakan di Taman Kanak-kanak (TK) Nasyiatul Aisyiyah, Dukuh Lebak Kulon Desa Sukolilo. “Ibu-ibu tersebut antusias membuat kerajinan, apalagi membuat bunga dari kulit jagung.” Ujar Fauziah.

Fauziah menambahkan, agar kedepannya ibu-ibu tersebut dapat lebih mengkreasikan lagi kerajinan dari kulit jagung, bahkan dapat dikomersialisasikan.

Source http://kkn.undip.ac.id/?p=19896 http://kkn.undip.ac.id/?p=19896
Comments
Loading...