Kerajinan Kulit Kapuak Di KalBar

0 28

Kerajinan Kulit Kapuak Di Singkawang

Ketua bidang UKM HIPMI, Edwin Kurniawansyah menuturkan dalam membantu pengrajin kulit kapuak di Kelurahan Nyarumkop Singkawang Timur pihaknya lebih kepada membuka jaringan dan membantu pemasaran.

“Lebih kepada network dan pemasaran bagi produk-produk kerajinan masyarakat,” ujarnya.

 

Menurut dia, usaha kecil di tengah masyarakat harus dapat di-support, terlebih pengusaha kecil biasanya kesulitan dalam hal melakukan pemasaran produk, hingga kemudian rawan gulung tikar akibat ketiadaan pangsa pasar.

“Kalau usaha kecil kerajinan kulit kapuak di Nyarumkop di masyarakat ekonomi berkembang dan bertumbuh. Tidak menutup kemungkinan dibuat layaknya desa industri,” katanya.

Yohanes Rudi, Kepala Seksi Industri alat angkut dan aneka pada bidang ilmiah Disperindagkop Provinsi Kalbar menuturkan potensi sumber daya manusia dan alam khususnya pengolahan kayu kapuak di Desa Nyarumkop sangat besar.

Sebab telah terbentuk sanggar tangkin batanggar yang memproduksi kulit kapuak atau kulit kayu untuk diolah menjadi baju khas Dayak, tas dan dompet. Ia berharap Nyarumkop dapat menjadi sentra kerajinan kulit kapuak.

“Potensi pengrajinnya disini besar. Tugas kami untuk membina pelaku usaha industri yang bergerak di usaha kerajinan.” Kata Yohanes Rudi saat pelatihan warga di Kelurahan Nyarumkop.

Source http://pontianak.tribunnews.com http://pontianak.tribunnews.com/2016/05/18/nyarumkop-potensi-jadi-sentra-kerajinan-kulit-kapuak
Comments
Loading...