Kerajinan Kulit Kayu Di Lembah Bada

0 171

Kerajinan Kulit Kayu Di Lembah Bada

Di Lembah Bada, kab. Poso sendiri, pengrajin kulit kayu sudah mulai tergerus seiring perkembangan zaman. Mama Beri adalah sekira lima orang yang masih aktif membuat kain dari kulit kayu. Diusia senja, ia masih dengan gesit menempah satu persatu pelepah pohon untuk dijadikan kain.

Meski tidak muda lagi, Mama Beri tetap semangat mempertahankan tradisi nenek moyang. Cerita pengrajin kain dari kulit kayu ini, menjadi cerita bagian kekayaan budaya melengkapi pesona cerita Taman Nasional Lore Lindu.

Mama beri sangat baik. Sekalipun dengan komunikasi yang agak terhambat karena sebagian penjelasan teknik membuat kulit kayu menggunakan bahasa suku Bada.

Kegigihan Mama Beri dalam membuat kain kulit kayu adalah hal yang patut diapresiasi. Diusia senja masih melakukan apa yang sangat dia sukai. Membuat kain kulit kayupun pada dasarnya adalah pilihan Mama Beri sebagai ibu dari anak-anaknya. Sekaligus mempertahankan tradisi leluhurnya.

Semoga mama beri bisa menjadikan orang-orang akan lebih mengenal kekayaan adat budaya dan tradisi daerahnya. Dan berharap semakin banyak anak muda yang juga terpanggil untuk melestarikan dan menjaganya serta menjadi kebanggan tersendiri dibaginya. Tanpa disadari, kekayaan yang sesungguhnya adalah ketika kita mampu mempertahankan jati diri kita lewat tradisi nenek moyang.

Source https://mercusuar.web.id https://mercusuar.web.id/pengrajin-kulit-kayu/
Comments
Loading...