Kerajinan Kulit Kayu Di Sentani

0 236

Kerajinan Kulit Kayu Di Sentani

Melimpahnya potensi kekayaan alam di Indonesia ternyata menjadi modal utama bagi sebagian besar masyarakat Sentani, Papua untuk memulai sebuah usaha. Meskipun Sentani bisa dikatakan sebagai daerah yang jauh dari peradaban modern, namun pada dasarnya tersimpan potensi bisnis daerah yang cukup besar dan menjanjikan untung berlimpah bagi masyarakat disekitarnya.

Memanfaatkan potensi alam berupa kulit kayu dari pohon khombouw, masyarakat di daerah Sentani, Kabupaten Jayapura berhasil menciptakan berbagai kerajinan khas yang unik dan memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Jika dulunya kulit kayu tersebut hanya dijadikan sebagai bahan pakaian oleh penduduk asli Asei Besar, Sentani, saat ini lembaran kulit kayu mulai dimanfaatkan sebagai bahan baku utama pembuatan aneka kerajinan unik. Misalnya saja diproduksi menjadi topi, tas, lukisan, alat gendong, tempat lampu, sandal, bingkai foto, tempat tissue, dan aneka produk lainnya. Salah seorang pembuat kerajinan kulit kayu sentani adalah Nami.

Di daerah kecil yang memiliki alat transportasi seperti getek atau perahu rakit ini, sedikitnya terdapat 30 pengrajin kulit kayu yang memproduksi aneka macam kerajinan dengan cara tradisional. Warna-warna corak yang digoreskan ke kulit kayu Sentani dibuat dengan menggunakan pewarna alami, seperti warna putih didapatkan dari kapur sirih, warna hitam dari arang kayu atau belanga, serta warna merah tergores dari batu bata merah. Berbagai corak yang dilukiskan di atas kulit kayu khombouw pun mengandung arti atau simbol-simbol khas budaya masyarakat Sentani, sehingga wajar adanya bila banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang tak pernah lupa mencari oleh-oleh kerajinan khas Sentani ketika mereka berkunjung ke daerah Papua.

Melihat cara pengolahan bahan kulit kayu yang masih sangat tradisional dan keaslian potensi alam dari pohon khombouw yang digunakan, menjadikan harga jual kerajinan kulit kayu Sentani sekarang ini terbilang cukup tinggi di pasaran. Hal ini tentu sangat menggembirakan, karena memberikan tambahan pendapatan yang lebih besar bagi masyarakat lokal di daerah Sentani.

Dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada di sekitar kita, tidaklah mustahil bila sebuah peluang usaha yang menjanjikan akhirnya bisa tercipta. Semoga informasi pesona kerajinan kulit kayu asli Sentani ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dan memberikan inspirasi bagi masyarakat di berbagai daerah untuk mengoptimalkan potensi daerah yang ada di sekitarnya. Mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang

Source https://bisnisukm.com https://bisnisukm.com/pesona-kerajinan-kulit-kayu-asli-sentani.html
Comments
Loading...