Kerajinan Kulit Kayu Khas Di Bengkulu

0 148

Kerajinan Kulit Kayu Khas Di Bengkulu

Jika kreatif, benda apapun bisa diolah menjadi bernilai jual. Contohnya seperti yang dilakukan Al Fajri, pria berusia 34 tahun, yang menjadi pengrajin kulit kayu lantung. Berawal dari iseng, Fajri panggilan akrabnya, membuat berbagai produk kerajinan berbahan dasar kulit kayu lantung pada 2006 lalu.

“Dulu hanya bikin yang kecil-kecil saja seperti gantungan kunci, kemudian berkembang, saya bikin macam-macam kerajinan seperti tas, topi, dompet dan lainnya,” kata dia. Modal awal sebesar Rp 30 ribu menjadi bekal Fajri memulai usaha.

Pria yang telah memiliki dua orang anak itu mengatakan, produk yang bernama FajriCraft itu dipatok dengan harga yang beragam, tergantung dari jenisnya. Mulai dari harga Rp20 ribu, hingga Rp 500ribu/pieces. Bisnis kerajinan kulit kayu lantung milik Fajri mampu meraup omzet hingga Rp 30juta/bulan. Kini, Fajri mengaku, tidak perlu memusingkan cara pemasaran lagi.

Sebab, saat ini bisnisnya itu sudah memiliki banyak pelanggan tetap. Dia hanya fokus untuk masalah produksi saja.

“Dulu awalnya hanya dari mulut ke mulut saja jualnya, sekarang saya sudah ada pelanggan tetap. Toko pun sudah ada di Bengkulu, jadi sekarang hanya fokus ke produksi,” terang pria asal Bengkulu itu.

Dengan bisnisnya itu, Fajri bisa mempekerjakan tujuh karyawan. Selain itu, dari bisnis yang telah menjadi penghasilan utamanya ini, Fajri bisa membahagiakan keluarga dan orangtuanya.

“Saya sudah bisa berangkatkan orang tua dan mertua saya untuk pergi Umroh. Sekarang tinggal fokus untuk masa depan anak-anak saya saja,” tuturnya. Jika tertarik dengan produk hasil racikan Fajri, bisa menghubungi di nomor 081373030414. 

Source https://finance.detik.com https://finance.detik.com/solusiukm/d-3374066/olah-kulit-kayu-jadi-produk-bernilai-jual-pria-ini-raup-omzet-rp-30-jutabulan
Comments
Loading...