Kerajinan Kulit Kayu Kulawi Di Sigi

0 243

Kerajinan Kulit Kayu Kulawi Di Sigi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi akan selalu menjaga akan budaya atau kearifan lokal tersebut, khususnya baju adat dari kulit kayu. Terkait itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sigi akan mematenkan kain khas itu.

Suherman mengatakan, khsusu kulit kayu, ada empat kecamatan yang masih menjaga itu diantaranya Kecamatan Kulawi Raya, Kulawi Selatan, Palolo dan Loru.

Dijelaskan Suherman, untuk Kecamatan Loru sendiri pengrajinya masih ada namun tidak memiliki alat. Sementara untuk Kulawi Raya dan Kulawi Selatan masih memproduksi kain itu. Akan tetapi kain dari kulit kayu dibuat saat ada pesanan, khususnya dalam acara-acara adat.

Saat ini mengembangkannya, pihak Dinas sudah melakukan pengurusan hak atas kekayaan intelektual (HAKI), untuk melegalkan bahwa kain kulit kayu hak intelektual masyarakat Sigi. Dan saat ini pengurusan HAKI tersebut kata Suherman, masih dalam proses di Kemenkum dan HAM Provinsi Sulteng.

Suherman menganggap hal itu sangat penting dilakukan. Ditanyakan terkait jenis kulit kayu yang digunakan berupa sejenis pohon beringin, yang diambil kulitnya. Cara pembuatannya juga memakan waktu yang lama, dan membutuhkan keterampilan tertentu. Sehingga diproduksinya tidak secara masal. Ada juga perbedaan dari kulit kayu di kulawi, palolo dan loru.

Sementara untuk menjaga akan kearifan lokal ini tetap ada, Suherman mengaku pihaknya akan melakukan pendataan kembali terkait alat pembuatan kain kulit kayu serta pelatihan khusus untuk pengrajin kulit kayu yang baru, diaman tujuannya untuk menjaga budaya tersebut.

Source http://radarsultengonline.com http://radarsultengonline.com/2018/03/01/kain-kulit-kayu-kulawi-akan-dipatenkan/
Comments
Loading...