Kerajinan Kulit Kerang Di Bekasi

0 493

Kerajinan Kulit Kerang

Kulit kerang yang kerap menjadi sampah atau barang tak berguna dapat dijadikan berbagai bentuk kerajinan. Dengan keterampilannya, Al Furqan Muarif mampu menyulap kulit kerang menjadi barang bernilai jual tinggi. Warga Kecamatan Bekasi Utara ini mampu menjadikan cangkang kerang sebagai tatakan gelas, piring, lampion hingga vas bunga. Hasil kerajinan itu dipasarkan ke berbagai negara seperti di Eropa dan Amerika.

Di kediamannya yang berada di Jalan Perjuangan RT 01/RW02 No. 59, Telukpucung Bekasi Utara ini, dia mempekerjakan 20 orang. Sebulan ia mampu mengekspor kerajinan kerang ke luar negeri hingga dua kontainer. “Produksi kami 70 persen diekspor sisanya dijual di pasar lokal,” imbuhnya.

Untuk membuat kerajinan berbahan cangkang kulit kerang ini, Furqan memilih kerang simping. Jenis kerang ini memiliki kulit keras seperti kaca. Namun setelah melalui proses pencucian dan pembakaran kulit kerang akan lembek atau lentur sehingga mudah dibentuk.

Harga produk kerajinan kerang bervariatif, mulai dari Rp10 ribu hingga Rp1 juta. Furqan mengatakan harga itu tergantung dari bentuk kerajinan, ukuran dan kesulitan dalam pengerjaan. Vas bunga misalnya bisa dijual hingga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun tatakan gelas hanya puluhan ribu rupiah.

Source Kerajinan Kulit Kerang Di Bekasi Kerajinan Kulit Kerang Di Bekasi
Comments
Loading...