Kerajinan Kulit Kerang Di Cilacap

0 290

Kerajinan Kulit Kerang Di Cilacap

Perajin hiasan yang terbuat dari kulit kerang masih banyak dijumpai di Pantai Teluk Penyu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah akan tetapi perajin mengeluhkan kendala bahan baku karena kerang sulit ditemukan di wilayah perairan selatan Cilacap. Salah satunya adalah Sugiyono.

Karena itu, kata dia, sebagian besar perajin di Cilacap terpaksa mendatangkan kulit kerang dari luar daerah seperti Tegal dan Situbondo. Menurut dia, kualitas kerang dari Situbondo tergolong paling bagus jika dibandingkan kerang dari daerah lainnya di Pulau Jawa.

Kendati demikian, dia mengatakan, biaya produksi harus dikeluarkan sangat tinggi jika mendatangkan kerang dari Situbondo sementara harga jual kerajinannya relatif sama dengan daerah asal kerangnya. Selain itu, kata dia, saat sekarang ada beberapa jenis kerang yang dilarang untuk diambil, antara lain kepala kambing.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, ada beberapa jenis kerang yang dilarang untuk diambil, antara lain kepala kambing (Cassis cornuta), susur bundar (Trochus niloticus), kima cina (Hippopus porcellanus), dan ketam kepala (Birgus latro).

“Padahal, kerang-kerang yang dilarang itu memiliki nilai jual tinggi,” katanya.

Sugiyono mengatakan, masa keemasan industri kerajinan kulit kerang di Cilacap terjadi sekitar tahun 2005 dan selanjutnya mengalami kelesuan. Menurut dia, hal itu disebabkan oleh penurunan kunjungan wisatawan ke Pantai Teluk Penyu.

Cilacap tidak seperti Bali yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Karena itu, dia selalu berupaya mengikuti berbagai kegiatan pameran setiap kali ada kesempatan. Dengan ikut pameran, ia berharap ada ‘buyer’ yang berminat untuk membeli hiasan dari kulit kerang buatan warga cilacap. Ia mengaku bersyukur karena kerajinan dari kulit kerang buatannya mampu menembus pasar Jakarta.

Source Kerajinan Kulit Kerang Di Cilacap Kerajinan Kulit Kerang Di Cilacap
Comments
Loading...