Kerajinan Kulit Kerang Di Pangkalpinang

0 194

Kerajinan Kulit Kerang Di Pangkalpinang

Warga di Kelurahan Selindung, Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memanfaatkan potensi kulit kerang yang melimpah di pinggir pantai untuk membuat kerajinan demi meningkatkan ekonomi keluarga.

“Kulit kerang merupakan bahan baku yang mudah diolah menjadi berbagai bentuk kerajinan tangan dan memiliki daya jual,” ujar salah satu pengrajin kerang di Kelurahan Selindung, Susilawati di Pangkalpinang.

Potensi kerang tersebut, kata dia, dimanfaatkan oleh warga setempat untuk menambah penghasilan dengan membuat kerajinan yang dikehendaki dan berpeluang dipasarkan seperti gantungan kunci, asbak rokok, lampu hias, bros dan banyak lagi kerajinan lainnya.

“Sekaitan dengan banyaknya limbah kulit kerang di pinggir pantai menjadi modal bagi masyarat yang ingin berkreasi dan menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan cara memanfaatkan prospek tersebut,” katanya.

Begitu juga dengan pengrajin kerang lainnya, ngatmiyati yang sudah menggeluti keahlian tersebut sejak tahun 2005.

“Kerajinan tangan bahan baku kerang sangat potensial dikembangkan di Pangkalpinang karena selain bahan bakunya masih cukup melimpah, juga bisa mendorong pariwisata,” katanya.

Menurut dia, warga Kelurahan Selindung semakin intens membuat kerajinan tangan setelah mendapatkan pelatihan-pelatihan dengan berbagai bentuk buah tangan.

“Selain menjual secara langsung di galeri, kita juga menjual kerajinan kerang melalui online dan pemesannya cukup banyak,” jelasnya.

Ia mengatakan, hasil kerajinan kerangnya seringkali dijual pada saat pameran dan selalu habis terjual.

“Dalam satu bulan omset hasil penjualan souvenir kerang bisa sekitar Rp5 juta hingga Rp7 juta,” katanya.

Source https://seruindonesia.com https://seruindonesia.com/2017/10/24/warga-pangkalpinang-manfaatkan-kulit-kerang-tumbuhkan-ekonomi/
Comments
Loading...